Minggu, 09 Juni 2013

Mengais Rupiah dari Jual Kaos Jogya , Hasilnya Menguntungkan




 Riza Fauzi (24) 

Banyak cara yang dilakukan untuk mengaih rupiah, salah satunya dengan berjualan kaos. Hal itu yang dilakukan Riza Fauzi (24) kurang lebih tiga bulanan ini. Awal mulanya, pria yang tinggal di desa Mangunan RT. 02 RW.01 kecamatan Tahunan membeli kaos Jogja. Dari itu Riza kemudian berinisiatif untuk menjualnya lagi.
Respon tetangga waktu itu lumayan. “Banyak tetangga dekat tertarik dengan kaos yang saya beli. Sehingga kesempatan ini bisa saya kembangkan. Sebab pangsa pasar sedang berminat,” tutur lelaki kelahiran Jepara, 12 September 1988.
Dari mulut ke mulut para tetangga dari anak-anak, remaja maupun orang tua berdatangan untuk memesan. Hingga dalam seminggu diperkirakan ada pemesan sekitar 15-30 orang. “Bisnis ini pun saya lanjutkan,” katanya.
Dari berjualan kaos Jogja, Riza yang menamatkan studi dari SDN Panggang 06, MTs Mafatihul Akhlak Demangan, MA NU TBS Kudus dan IAIN Walisongo Semarang memperoleh banyak hal. Selain urusan finansial, dirinya makin punya nyali untuk menawarkan barangnya.
“Mental saya semakin berani untuk menawarkan barang kepada teman-teman. Kenalan pun semakin bertambah,” paparnya.
Pembeli kaosnya berasal dari berbagai kecamatan; Kalinyamatan, Welahan, Pecangaan, Pakis Aji, Bangsri dan sekitarnya. “Awalnya pembeli adalah tetangga maupun teman-teman saya sendiri kemudian merambah kepada teman-temannya,” imbuhnya.
Bisa dipastikan, dalam sepekan ia memperoleh pesanan. Karenanya bisnis yang awalnya ia jadikan sampingan kini menjadi utama.
Meski demikian dalam berjualan Riza terbelit oleh hambatan semisal pesanan belum dibayar, harga masih ditawar maupun pemesan lupa barang yang dipesan. “Hambatan sudah pasti ada. Biasanya kalo pesanan belum dibayar saya melakukan pendekatan dengan beralasan uangnya untuk kulakan,” tambahnya disela-sela menyampaikan pesanan ke Nasya Center, Margoyoso Minggu (22/7) kemarin.
Kedepan, harapannya jika sudah memiliki modal lebih berkeinginan membuka toko di tiap wilayah atau kecamatan. “Kaos yang dijual kedepan juga tidak hanya kaos Jogja melainkan merambah kaos etnik lain,” harapnya.
Untuk memperoleh kaos Gayeng, Jape Methe dan Mrong’os yang ia jual menunggu sekitar 1-2 minggu. Pesanan siap diantar. Jika anda berminat bisa menghubungi kontak personnya 085727658318. (Syaiful Mustaqim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar