Minggu, 16 Juni 2013

Mengunjungi Masjid Perut Bumi Tuban Nan Menawan


Jalan masuk ke masjid perut bumi

Tuban - Di pinggiran kota Tuban Jawa Timur ada obyek wisata ziarah yang cukup unik . Jika dilihat sepintas bangunan itu adalah rumah biasa yang dijadikan pondok pesantren . Namun setelah kita masuk di dalamnya merupakan gua alami yang cukup indah dilihat.

Selain cukup panjang lorongnya juga berkamar-kamar sehingga seperti layaknya rumah di perut bumi. Karena panjangnya itulah maka oleh pengelola gua tersebut dibuat  masjid yang bisa digunakan untuk sembahyang. Oleh karena itu obyek wisata itu di sebut Masjid Perut Bumi atau “Masjid Ashkabul kahfi “.

Pengunjung bisa memasuki Masjid gua ini lewat jalan biasa dipinggir jalan raya . Setelah masuk ke pintu kecil kemudian jalan mulai turun lewat tangga-tangga batu . 

Beberapa puluh meter kemudian kita telah masuk ke dalam Masjid perut bumi dengan puluhan kamar-kamar kecil.Setiap kamar dihiasi dengan lampu warna-warni dan juga batu-batu alam yang indah dipandang.
Menurut penjaga, dulu lokasi masjid perut bumi ini adalah tempat pembuangan sampah . 

Namun karena hasil riyadoh maka tempat itupun akhirnya dapat diwujudkan menjadi masjid yang saat ini ramai dikunjungi orang.

Untuk mencapai lokasi Masjid perut bumi Tuban ini tidak sulit . Masuk ke Kota Tuban terus saja menuju ke Arah Babat . Sampai pertigaan ada tanda arah yang menuju obyek wisata tersebut. Anda bisa naik kendaraan pribadi atau berombongan naik bis , tepat parkirpun tidak jauh dari obyek wisata ini. (Fatkhul Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar