Minggu, 16 Juni 2013

SOSOK KREATIF Ahmad Ridwan Sejak Dulu Hingga Kini Cinta Pada Kegiatan Pramuka


Ahmad Ridwan

 Bagi Ahmad Ridwan (31) warga desa Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak kegiatan Pramuka atau kepanduan sudah mendarah daging bagi dirinya. Meski saat ini sudah bekerja menjadi Satpam di Kantor PLN Jepara , namun jika membicarakan kegiatan Pramuka dia masih lancar . Maklum ketika masih sekolah setingkat SMA ia rajin mengikuti kegiatan Pramuka yang diadakan di sekolahnya.

Tidak itu saja dia juga mengikuti kegiatan khusus seperti Saka Bhayangkara yang sering latihan di kantor kepolisian. Selain itu dia juga pernah mengikuti kegiatan Jambore tingkat Nasional yang diadakan di Papua atau Irian Jaya. Dengan naik kapal bersama-sama teman-temannya ia mewakili kontingen Jawa Tengah bersama Pramuka lainnya. Selama satu minggu ia berinteraksi dengan pramuka seluruh Indonesia dalam berbagai kegiatan baik lomba atau bakti pada masyarakat.

“ Jika tidak ikut pramuka saya tidak mungkin bisa sampai di Papua , mana punya uang cukup untuk sampai ke sana . Namun dengan ikut kegiatan Pramuka ini saya bisa jalan-jalan sampai ke luar Jawa “, kata Ahmad Ridwan yang ditemui Warta Demak di sela-sela pelaksanaan Jambore Lor Kali Wulan Minggu (30/9)

Dikatakan oleh Ridwan kegiatan Pramuka bagi anak sekolah baik dari tingkat SD sampai dengan lanjutan atas saat ini masih layak dan terus digalakkan. Manfaat dari kegiatan Pramuka ini cukup banyak diantaranya adalah memberikan pendidikan karakter pada anak. Sebagai contoh dalam kegiatan Perkemahan misalnya anak-anak tidak bisa jalan sendiri-sendiri .Mereka harus bekerja sama dalam satu regu baik mendirikan tenda , memasaknya sampai dengan mengikuti kegiatan lomba.

Secara tidak langsung dalam kegiatan Pramuka ini para pramuka dilatih untuk hidup bersama-sama dan harus saling bekerjasama, saling menghormati dan juga kesetiakawanan. Selain itu anak juga dilatih hidup mandiri dan juga sederhana . Dalam perkemahan untuk makan mereka harus menyediakan sendiri dan menunyapun seadanya. Yang biasanya makan disiapkan orang tua mereka harus membuat sendiri.

“ Nah itulah salah satu sisi positif dari kegiatan pramuka lainnya masih banyak. Oleh karena itu ketika vacuum tidak ada kegiatan pramuka di Lor Kali Wulan ini kami bersama teman-teman menggagas acara Jambore Lor Kali Wulan ini “, tambah Ahmad Ridwan.

Dulu ketika usai bersekolah di lanjutan atas Ahmad Ridwan mengaku ingin mengabdikan dirinya sebagai anggota POLRI . Namun sayang cita-cita itu kandas di tengah jalan dikarenakan ketiadaan biaya . Meski dari segi phisik dan kemampuan dia memenuhi syarat namun keinginannya itu terganjal oleh penyediaan sejumlah uang agar ia diterima. Namun karena ia datang dari golongan kurang mampu maka cita-citanya itu kandas di tengah jalan.

Tetapi saat ini ia bersyukur karena telah bekerja yang tidak begitu jauh dari kegiatan pramuka yang ia tekuni yaitu menjadi petugas pengamanan. Sehingga meski kini sudah bekerja kecintaannya pada kegiatan pramuka tidak bisa hilang begitu saja . Jika ada event-even atau kegiatan kepramukaan dia masih aktif dan mensupport adik-adiknya. (Muin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar