Minggu, 09 Juni 2013

Ini Dia Mbah H. Syakirin Montir Berbagai Mesin , Tanpa Kursus Ataupun Sekolah



  

Mbah Syakirin dokter berbagai mesin diesel 

Apapapun kesulitan jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan bisa terselesaikan. Agar usaha yang kita kerjakan mengalami kemajuan kita harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya pada konsumen. Itulah kata-kata yang disampaikan oleh Mbah Syakirin pengusaha bengkel mesin dan berbagai macam alat elektronik “ Dua Saudara “ asal desa Pecangaan Wetan yang telah membuka usaha puluhan tahun di rumahnya.
Meski tempatnya yang menjorok di pemukiman warga namun ia mengatakan pelanggan setiap harinya tiada sepi justru setiap harinya selalu bertambah berkat pelayanan yang prima. Selain dirinya sendiri ia kini dibantu dua orang putranya yang juga telah mahir memperbaiki mesin diesel dan juga berbagai macam elekronik lainnya. Sehingga di gudang yang dijadikan sebagai bengkel itu terdapat puluhan mesin dan alat elektronik yang habis dikperbaiki atau baru diperbaiki.
“ Sebelum membuka bengkel di rumah sendiri seperti ini saya juga pernah berprofesi sebagai montir panggilan . Dari situlah orang mulai mengenal saya sebagai montir mesin dan sayapun membuka bengkel di rumah ini dan mulailah pelanggan datang sendiri . Kalau tidak salah saya buka usaha bengkel ini ejak tahun 1975“, ujar Mbah H.Syakirin (60) pada Warta Demak Sabtu (27/4).
Mbah Syakirin mengemukakan, keahliannya memperbaiki berbagai mesin dan alat elektronik itu tanpa sekolah namun berkat ketlatenannya mengotak atik dari mesin satu ke mesin lainnya. Jika ada kerusakan dengan feeling atau perasaannya iapun membongkar mesin tersebut lalu di tata kembali seperti semula jika ada onderdil yang rusak kemudian diganti yang baru.Begitu juga jika ada mesin yang baru iapun mempejari sendiri sampai bisa mengusai bagaimana cara memperbaikinya.
“ Putra saya yang membantu saya setiap harinya juga demikian , tidak kursus atau sekolah dari ikut membantu saya lama-lama dia juga bisa memperbaiki sehingga jika ada order banyak saya tidak kewalahan lagi “, kata Mbah H.Syakirin.
Jenis-jenis mesin yang bisa diperbaiki di bengkelnya adalah berbagai mesin diesel dari mulai yang kecil sampai yang besar. Mesin itu diantaranya untuk menghidupkan dynamo , traktor , molen dan juga yang lainnya. Selain itu juga berbagai alat elektronik lainnya seperti kipas angin, mesin cuci dan mesin lain yang digerakkan oleh dynamo.

Salah satu putra mbah Syakirin sudah mahir jadi montir

Dari usahanya yang dibuka puluhan tahun itu pelanggannya sudah merambah kemana-mana ,selain seputaran kota Pecangaan  , juga datang dari berbagai wilayah di Jepara Utara seperti Bangsri, Keling dan juga Mlonggo. Biasanya mereka yang datang adalah pelanggan yang telah lama memakai jasanya , namun demikian banyak pula wajah-wajah baru . Iapun tidak membedakan para pelanggannya semua ia layani dengan baik.
Menurut Mbah Syakirin agar usaha yang dijalankan bisa maju dan berkembang intinya adalah pelayanan yang baik pada pelanggan. Jika ada kerusakan harus diperbaiki sebaik-baiknya  , bila ada complain dari pelanggan juga harus direspon sebaik-baiknya. Dengan resep itulah usaha  bengkel mesin yang telah ditekuninya puluhan tahun terus berkembang hingga saat ini dan dikenal banyak orang.
“ Bengkel ini kami buka mulai pagi hingga sore hari dan tidak ada waktu libur seperti kantor. Alhamdulillah dari usaha bengkel ini saya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan juga mendidik anak yang  insya Allah nantinya meneruskan usaha ini “, tambah Mbah H. Syakirin.
Bagi pembaca di seputaran Pecangaan dan Kota Jepara yang ingin memperbaiki berbagai mesin diesel dan juga alat elektronik bisa datang ke tempat Mbah H. Syakirin. Adapun lokasinya adalah gang depan Masjid Pecangaan Wetan masuk 100 meter atau sampai di Masjid tanya pada warga dimana rumah Mbah H. Syakirin montir mesin dan dynamo. (Ardans)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar