Selasa, 11 Juni 2013

Melihat Istana Gebang Blitar Rumah Historis Bung Karno


Bangunan utama Istana Gebang

Kota Blitar Jawa Timur merupakan kota tua dan bersejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Di Kota ini bersemayam bapak Proklamator kita Ir. Soekarno yang juga merupakan presiden 1 RI. Makamnya setiap hari tiada sepi dari peziarah dari seluruh pulau Jawa bahkan ada yang datang dari Luar dan tidak ketinggalan peziarah dari Luar negeri.
Selain makam di kota ini juga ada peninggalan sejarah lain yang berkaitan dengan Ir. Soekarno , yaitu komplek rumah tua yang dulu didiami oleh beliau ketika kecil. Orang banyak mengenal komplek rumah tua itu sebagai Istana Gebang.
Dulu keberadaan Istana Gebang ini tidak begitu menonjol karena masih dikuasai oleh ahli waris atau kerabat bung Karno. Sehingga masyarakat luas tidak bisa leluasa mengunjungi rumah bersejarah itu. Hanya orang tertentulah yang bisa masuk ke kawasan ini.
Namun semenjak Pemerintah Kota  Blitar dan Pemerintah provinsi Jawa Timur mengambil alih dengan membeli dari ahli waris Ny. Soekarmini Wardoyo maka keberadaan Istana Gebang ini bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.
Rumah bersejarah yang berlokasi di jalan Sultan Agung Kelurahan Bendo Gerit kecamatan Sanan Wetan ini setiap harinya ramai oleh para wisatawan. Mereka yang datang ke tempat ini merupakan rangkaian dengan berziarah ke Makam Bung Karno.
Salah satu ruangan di Istana Gebang Blitar

Oleh pengelola rumah ini terbuka untuk masyarakat mulai jam 07.00 pagi . Semua lapisan masyarakat dapat masuk ke istana ini dengan melihat berbagai macam barang peninggalan keluarga Bung Karno. Mulai dari perabotan  rumah , tempat tidur , kursi dan juga benda-benda kuno lain seperti mesin tik , radio dan telepon.
“ Pengunjung yang datang ke tempat ini setiap harinya mencapai 200 – 300 orang , namun untuk hari-hari khusus biasa mencapai 1.000 pengunjung “ ujar Mbak Purwaningsih  salah satu pemandu di Istana Gebang ini.
Selain bangunan yang berarsitektur kuno para pengunjung bisa berfoto ria ditempat ini dengan berbagai beground yang bagus untuk kenang-kenangan. Diantaranya di depan istana ada Patung Bung Karno berwarna putih bersih , di dalam rumah ada berbagai gambar Bung karno besar, selain itu kita juga bisa berfoto di kamar-kamar bersejarah itu.
Ada satu lagi tempat yang menjadi “jujugan “ para pengunjung  di Istana Gebang ini . Yaitu sebuah sumur tua yang airnya cukup bersih dan diyakini mempunyai khasiat . Oleh karena itu pihak pengelola telah menyediakan air itu dalam wadah-wadah plastic kecil. Para pengunjung dapat meminta air ini untuk oleh-oleh yang dirumah.
“ Air ini kami sediakan gratis untuk para peziarah yang datang ke tempat ini , tetap jika ada pengunjung yang memberikan uang sekedarnya bisa dimasukkan dalam kotak itu “, papar penjaga sumur.
Nah bagi pembaca yang belum pernah mengunjungi Istana Gebang ini direkomendasikan untuk datang ke tempat ini . Selain kita bisa menyusuri jejak sejarah Bung Karno semasa kecil juga bisa berziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar