Kamis, 20 Juni 2013

Tradisi 10 Mei an Di Pecangaan , Masih Ada Namun Beda



Jika anda warga kota Pecangaan kabupaten Jepara pasti tidak akan lupa dengan tradisi 10 Mei . Ya setiap tanggal 10 Mei warga Jepara memeriahkan pesta giling pertama di Pabrik Karung Goni Pecangaan. 

Pabrik yang berpusat di sebelah Barat Pasar Kota itu menggelar keramaian semalam suntuk untuk memeriahkan hari giling pertama membuat karung yang dulu di kenal sebagai Nggantingi. Gelaran keramaian semalam suntuk itu dipadukan dengan pasar malam untuk rakyat yang digelar beberapa hari sebelum acara puncak.

“ Dulu ketika saya masih kecil  tiap tanggal 10 Mei di halaman pabrik digelar keramaian semalam suntuk , dari Wayang kulit Kethoprak, reog dan orkes Melayu yang nonton warga desa-desa di seputaran kota Pecangaan”, kata H. Syakirin (57) warga desa Pecangaan Wetan pada Warta Demak.



Namun demikian menurut Mbah H. Syakirin tradisi nggantingi itu sudah tidak ada lagi semenjak pabrik Karung Goni tidak berproduksi karena sudah berubah menjadi pabrik karung plastic. 

Namun demikian keramaian untuk mengingat tradisi itu masih ada setiap tahunnya. Meski tidak seramai dulu namun setiap menjelang tanggal 10 Mei sebelum dan sesudahnya di gelar pasar malam di lapangan belakang terminal.

“ Ya kalau ramainya ya ramai dulu karena dulu para penjual yang mremo itu mulai dari Masjid Pecangaan Kulon sampai dengan depan Polsek Pecanggan. Tetapi saat ini keramaian hanya terpusat di sekitar Lapangan Pecangaan saja “, ujar Mbah Syakirin.

Memang keramaian tradisi 10 Mei an di kota Pecangaan saat ini jauh berbeda. Selain tidak ada gelaran hiburan untuk rakyat di halaman pabrik juga para pedagang yang mremo di sepanjang jalan pabrik juga tidak ada. 

Semua pedagang yang mremo meramaikan tradisi 10 Mei itu mengumpul jadi satu seperti layaknya pasar malam yang diadakan di berbagai kota atau tempat lain secara berpindah-pindah.



Di arena pasar malam yang digelar di lapangan belakang terminal itu menyajikan berbagai bentuk permainan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. 

Untuk permainannya ada biang lala , perahu goyang , komedi putar dan juga kolam bola. Kalau untuk orang dewasa diantaranya ada tong setan . rumah hantu dan stan permainan ketangkasan.

Untuk pedagang yang berjualan menyediakan berbagai makanan seperti martabak, bolang baling, bakso dan juga berbagai macam barang mainan, pakaian serta kebutuhan sehari-hari. Biasanya mereka memakai teknik obral dan banting harga sehingga menarik pembeli . (Muin)


Haji Nyaman Bersama KBIH " Jabal Nur " Bandengan Jepara 
 Nama Kelompok : “ Jabal Nur “
Alamat                    :   Ds. Bandengan Kec. Kota Jepara
Pengasuh              : Ustad H. Abdullah Uzair
Telp                         : 081 393 577 202

Tidak ada komentar:

Posting Komentar