Senin, 10 Juni 2013

KBIH “ Jabal Nur “ Adakan Manasik Haji Tahun 2013 Terima Ibadah Umroh Setiap Waktu


Ustadz Abdullah Uzair ( Baju Batik)

KBIH ( Kelompok Bimbingan Ibadah  Haji ) “ Jabal Nur “ yang berkantor di desa Bandengan pada bulan Fabruari telah memulai mengadakan pelatihan Manasik Haji untuk Jamaahnya. Selain pendaftaran jamaah acara ini juga diisi dengan pengetahuan awal seputar ibadah haji . Ini semua ditujukan agar jamaah mempunyai persiapan sejak dini akan pengetahuan ibadah haji. Karena ibadah haji selain ibadah fisik juga dipadukan dengan bacaaan-bacaan atau do,a.

“ Meski masih jauh waktunya ke bulan haji ,namun kami mengadakan manasik lebih awal . Ini semua kami tujukan agar mereka lebih memahami pengetahuan ibadah haji . Dan antara jamaah saling mengenal sehingga nanti di tanah suci mereka bisa berkomunikasi dengan baik satu dengan yang lainnya “ Ustadz H. Abdullah Uzair pimpinan KBIH “ Jabal Nur “ pada Warta Demak Minggu (24/2)

Abdullah mengatakan , Kelompok Bimbingan Ibadah Haji yang didirikan sepuluh tahun yang lalu setiap tahunnya memberangkatkan Jamaah Haji yang direkrutnya dari wilayah se kabupaten Jepara. Tahun yang lalu fihaknya membimbing jamaah 80 orang . Sedangkan tahun ini jamaah yang dibimbingnya sekitar 100 orang.

Calhaj pria


“ Alhamdulillah tahun ini kami membimbing 100 an jamaah haji . Petugas yang membimbing mendampingi para jamaah kami rencanakan dua orang saya sendiri dan satu lagi adik saya “, tambah H. Abdullah Uzair.

Ditambahkan oleh Abdullah Uzair bimbingan ibadah haji yang dilaksanakan selain dalam bentuk teori juga diadakan dalam bentuk praktek. Ini semua ditujukan agar para jamaah haji sesampainya di Kota Makkah dan Madinah bisa menjalankan ibadah secara benar . Mana yang rukun , mana yang wajib dan juga mana yang sunat.

“ Seperti bagaimana cara thowaf yang benar dari bagian mana kita memulai dan dari bagian mana kita mengakhiri . Terus pelaksanaan sa’I juga demikian . Pada sesi pelatihan praktek nanti kita berikan sejelas-jelasnya agar para jamaah memahami dengan benar “, papar Abdullah Uzair.

Dalam pelaksanaan pembimbingan para jamaah ini fihaknya akan mengawal para jamaah mulai dari pendaftaran ke kantor Depag , pelunasan ke Bank , pemberangkatan dari pendopo , masuk ke embarkasi Solo sampai ke Tanah Suci. Di tanah suci selain membimbing ibadah haji secara benar fihaknya juga mengadakan ziarah-ziarah ke tempat yang bersejarah baik di kota Makkah maupun kota madinah.

Calon haji Wanita
Ziarah di kota Makkah diantaranya ke Jabal Nur , Jabal Rahmah , Jabal Tsur dan tempat bersejarah lainnya seperti makam Ma’la , bekas rumah nabi dan juga Armina ( arafah musdalifah dan Mina). Sedangkan Ziarah di kota Madinah diantaranya mengunjungi  Masjid quba’, Masjid Bilal , Masjid Qiblatain dan juga Makam Syuhada Uhud . Ziarah memang ada yang program dari pemerintah namun untuk KBIH Jabal Nur Jepara ini menambah program ziarah lainnya dan juga ada umroh sunat yang bisa berkali-kali.

“ Untuk kegiatan umroh yang kami jalankan selama ini dari Tan’im , Ji’rona dan Hudaibiyah . Untuk ke Hudaibiyah ini ada juga mengunjungi peternakan onta milik warga Badui . Selain itu para jamaah bisa juga langsung minum susu onta langsung habis diperah “, tutup Abdullah Uzair sambil memberikan no HP yang bisa dihubungi siapa tahu pembaca ada yang ingin bergabung dengan KBIH “ Jabal Nur “ HP : 081 393 577 202 .  (Muin)

 Nama Kelompok : “ Jabal Nur “
Alamat                    :   Ds. Bandengan Kec. Kota Jepara
Pengasuh              : Ustad H. Abdullah Uzair
Telp                         : 081 393 577 202


Tidak ada komentar:

Posting Komentar