Selasa, 11 Juni 2013

Nasi “ Krawu” Depot Bu Timan , Masakan Khas Gresik Yang Benar-Benar Weeenak


Sepiring Nasi "Krawu" siap santap
Gresik-  Bagi sebagian orang  yang sering melakukan perjalanan Surabaya – Gresik tidak akan asing lagi dengan warung makan “ Bu Timan “ , selain bersih dan nyaman suasananya juga masakan yang disajikan cukup komplit. Selain menu andalan Nasi Krawus khas Gresik juga ada masakan lain yang juga tidak kalah menggugah selera makan kita . Dalam daftar Menu ada nasi rawon, nasi kare ayam, Nasi ikan bandeng dan juga Soto Madura , selain itu juga dilengkapi berbagai macam lauk lainnya. 
Bagi saya nasi “krawu” merupakan hal yang baru sehingga kami sekeluargapun memesan nasi krawu yang katanya masakan khas Gresik . Ketika pelayan mengeluarkan piring-piring dari dalam selera makan sayapun timbul , apalagi nasinya putih , ada sambal , srundeng dan daging bacemnya yang cukup matang dan kecoklatan. Sayapun mencoba untuk memakannya sendokan pertama nasi putih , srundeng dan juga daging masuk mulut dan rasanya benar-benar wenak. Selain daging bacemnya tipis-tipis yang menggoyang lidah sambel terasinya cukup pedas dan membuat ngantuk jadi hilang. Sehingga tidak sadar nasi satu piring beserta lauk pauknya komplit habis tak bersisa , sungguh nikmat dan weenak sekali rasanya nasi “Krawu” yang khas Gresik. 
sekeluarga makan di depot bu Timan

Bagi saya yang baru pertama kali menikmati “Nasi Krawu “ khas Gresik ini selain sambelnya yang pedas menggigit dengan aroma terasi yang menyengat , juga daging bacem iris tipis-tipisnya yang membuat terus ingat akan kelezatannya . Dipadukan dengan srundeng kuning asin dicampur nasi putih membuat rasa lapar menjadi hilang. Karena kelezatannya itulah maka meski sudah larut malam depot ini masih banyak dikunjungi pelanggannya yang kebanyakan warga luar kota yang datang ke kota Gresik atau akan menuju ke Surabaya. Kebanyakan pengendara mobil yang mampir ke depot ini rata-rata membawa seluruh anggota keluarga mereka sehingga mampir dan makan bersama di depot ini sangat nyaman dan juga santai ibarat rumah sendiri.
“ Saya sering mampir makan di depot ini bila ada acara di Surabaya , selain suasananya bersih juga masakannya ada pilihan berbagai jenis . Namun menu favorit saya tetap nasi “Krawu” khas Gresik sambal pedasnya itu yang membuat kita ketagihan “, ujar salah seorang pengunjung yang berasal dari luar kota dan baru saja mengunjungi suatu acara di Surabaya,
menu lengkap depot bu timan
Sementara itu salah seorang karyawan yang menunggui depot “Bu Timan” mengemukakan, warung makan dengan makanan khas Gresik “ Nasi Krawu “ ini cukup popular di kawasan Gresik . Selain sering  masuk media baik cetak maupun elektronik juga masakannya di kenal enak dan murah , sehingga terjangkau dari berbagai kalangan. Sebagai contoh nasi “ Krawu “ harganya saat ini hanya Rp 13.000,- satu porsi , begitu juga Soto Madura dan juga yang lainnya,sehingga siapapun bisa mampir ke depot ini tampa merogoh koceknya dalam-dalam. Untuk minumannya di depot ini juga tersedia berbagai pilihan sehingga selesai makan di warung ini dijamin kenyang dan puas.
“ Depot ini buka 24 jam sehingga kapanpun anda mampir di depot ini masakan selalu ada , oleh karena itu jika ada kesempatan lagi mohon mampir ke sini “, ujar salah seorang karyawan dengan ramahnya.

Depot tampak depan
Memang merasakan nasi “Krawus” masakan khas Gresik ala depot “ Bu Timan” ini membuat kita ketagihan dan ingin merasakan kembali kenikmatannya. Oleh karena itu bagi pembaca yang kebetulan lewat dari dan menuju ke Surabaya dan kebetulan lewat depot ini silakan mampir dan mencoba merasakan nikmatnya nasi “ Krawu” ini . Apalagi jika dalam perjalanan bersama keluarga tambah asyik dan juga nyaman makan serasa di rumah sendiri. (FM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar