Senin, 09 September 2013

Membeli Ikan Di Pasar Sore Kedungmalang Jepara

Ikan, udang dan kepiting ada di sana


Meskipun terletak di perbatasan Desa Kedungmalang kecamatan Kedung kabupaten Jepara saat ini tidak terisolir seperti 10 tahun yang lalu. Jalan raya menuju ke kota kabupaten dan desa terdekat semua sudah hotmix mulus.  

 Air bersih setiap hari mengucur deras lewat pipa-pipa PAM yang tidak ada perbedaannya jika musim kemarau atau penghujan . Listrikpun sudah sampai pada desa ini , sehingga jika malam hari tiba aktifitas bisnis malam tetap  berjalan yaitu datangnya para nelayan dari laut yang membawa hasil tangkapan mereka. 

“  Dulu yang jualan  disini tak seramai sekarang paling 1 – 2 orang , namun sekarang pedagang yang berjualan disini semakin banyak hal ini sebabkan setiap waktu pengunjung yang datang kesini semakin bertambah. Selain melihat suasana desa pesisir pulangnya biasanya membawa oleh-oleh berupa ikan, kerang dan udang. “, ujar Muzaeri  (47 ) yang juga memiliki usaha warung “ campur sari “ tidak jauh dari pasar prapatan Kedungmalang ini.

Menurutnya pengunjung yang datang kebanyakan dari  daerah Kota Jepara dan Kudus, untuk yang dari Jepara mereka biasanya jalan-jalan sore dengan mengendarai sepeda motor atau mobil dengan mengajak seluruh keluarga melihat suasana desa pesisir dengan duduk-duduk atau jalan-jalan disepanjang jembatan dengan menghirup udara dari laut. 

Setelah puas berjalan-jalan merekapun mampir makan atau minum di warung-warung seputaran jembatan dan pulangnya membeli ikan, udang atau kepiting dari pasar sore ini. Untuk yang dari kota Kudus dan sekitarnya biasanya yang datang adalah orang-orang yang mempunyai hobi memancing , mereka datang biasanya berombongan 2 – 6 orang .

Saking asyiknya mereka mancing , banyak yang rela melekan di atas jembatan Kedung malang ini untuk sekedar mendapatkan ikan kakap , Sembilang atau lainnya meskipun 1 – 2 ekor .  Bahkan banyak pula pemancing yang pulang tanpa hasil namun karena hobi lain kesempatan  merekapun datang ke Jembatan Kedungmalang ini.


Sementara Sufaatun ( 45 ) salah seorang penjual kepiting di pasar sore desa Kedungmalang menuturkan dulu pasar ini keadaannya masih sepi , jumlah pedagang yang berjualan hanya beberapa orang saja diapun belum membuka usahanya seperti ini .

Namun dengan semakin bertambahnya pengunjung maka pasar sore ini juga semakin banyak pedagang yang menggelar dagangannya disini , selain Kepiting, rajungan, udang,kerang  dan beberapa jenis ikan basah , ikan keringpun juga ada.

Untuk kepiting menurutnya pengunjung harus jeli memilihnya jika tidak ingin kecewa sampai di rumah , atau minta kepada bakul untuk memastikan kepiting atau ikan yang dibeli dalam kondisi gemuk dan baik. Harga mahal sedikit tidak mengapa asal bakul memberikan jaminan kwalitas baik untuk ikan atau kepiting yang dijualnya.

Nah bagi pembaca atau siapa saja yang kebetulan klinang-klenong diseputaran desa Kedungmalang bisa mampir ke pasar sore ini , selain itu pula bisa melihat keramaian disepanjang jembatan panjang  desa Kedungmalang . (Muin)


      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar