Minggu, 29 September 2013

Pesantren Balekambang Gelar Halaqah Penguatan Pendidikan Diniyyah


Jepara-Pesantren “Roudlotul Mubtadiin” Balekambang  desa Gemiring Lor kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara menggelar Halaqah:Penguatan Pendidikan Diniyyah dan Pesantren bertempat di kompleks pesantren setempat, Ahad (22/9). Kegiatan diikuti ratusan pengasuh pesantren, kepala Madin dan TPQ se-kabupaten Jepara.


Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, H Khairuddin saat memberikan pengarahan menyatakan pesantren selama ini  telah berperan membangun bangsa dan negara. Saat ini keberadaan pesantren tidak seperti dulu. Santri sebutnya bisa memperoleh beasiswa untuk kuliah. Usai lulus, terang Khairuddin mereka bisa meneruskan jejak perjuangan ulama di pesantren asal maupun di kampung halamannya.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir M Maksum Abdurrahman, Kepala Biro Bintal Kemenag Provinsi Jawa Tengah menyatakan pesantren tidak akan hilang dari pusaran NKRI. Hal itu kemukannya karena pesantren selalu didukung oleh kharisma seorang kiai.

Sedangkan Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, H Noor Ahmad memaparkan tiga peran pesantren yakni mempersatukan, memperkuat dan menjaga keutuhan umat.

Harakah Pemerintah
Maksum menambahkan sesuai dengan UU No.55 Tahun 2007 tentang pendidikan keagamaan pemerintah Provinsi akan melakukan harakah(gerakan) terkait melindungi kemandirian pesantren, program, bantuan operasional, peningkatan kapasitas ustadz, kesejahteraan ustadz, pengadaan kitab, serta beasiswa santri.

Hal senada diungkapkan Hj Nurhayati Ali Assegaf, anggota DPR RI Komisi X. di Komisinya ada program kesehatan pesantren, sanitasi, rehab bangunan, laborat dan perpustakaan.

“Lembaga keagamaan perlu mempunyai laborat bahasa dan perpustakaan. Agar santri semakin melek dan membuka wawasan yang luas,” himbau Nurhayati.  

Dalam kesempatan halaqah hadir pula Wakil Ketua Umum PBNU H As’ad Said Ali, Ketua LKKNU H Arief Mudatsir Mandan, Rektor Unnes H Fatkhur Rohman, dan Bupati Jepara, H Ahmad Marzuqi. Usai kegiatan juga dilaksanakan peletakan batu pertama pendirian akademi komunitas mandiri yang letaknya di belakang bangunan SMK Balekambang putra.         (SyaifulMustaqim)


  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar