Minggu, 15 September 2013

AGRO BISNIS Jambu Citra dan Delima Demak , Cocok Dikembangkan di Lamongan


Jambu Demak yang ditanam di Jawa Timur

Demak - Jambu Citra dan Delima asal Demak yang dicoba ditanam di daerah Lamongan tepatnya desa Dati Nawong kecamatan Babat hasilnya cukup bagus. H. Miftakhul Falah yang asli Demak mencoba membawa cangkokan tanaman jambu dari temannya di daerah Bonang 4 tahun yang lalu kini telah berbuah.
Hasilnya buah Jambu yang ditanam di depan rumahnya itu tidak jauh berbeda dengan buah yang dihasilkan dari daerah Demak. Selain berwarna merah , juga rasanya manis dan berair persis seperti yang ditanam di daerah asalnya.
“ Besarnya juga tidak mau kalah , sehingga jika ditanam di daerah Lamongan dengan skala banyak saya yakin bisa menghasilkan keuntungan yang banyak “, ujar  H. Miftakhul Falah pada Warta Demak yang sambaing ke rumahnya.
Awalnya ia dolan ke rumah teman akrab yang dulu sama-sama mondok di Sarang Rembang. Di depan rumah temannya itu tumbuh pohon Jambu Citra dan Delima yang cukup rimbun dan banyak buahnya . Melihat itu ia pesan ke temannya untuk dibuatkan cangkokan jambu untuk ditanam di rumahnya di daerah Babat Lamongan. Beberapa bulan kemudian cangkokan itupun jadi yang kemudian ditanam di depan rumahnya.
“ Kami pesan 5 cangkokan , namun yang saya bawa ke Lamongan hanya 2 saja dan saya tanam didepan rumah . Sisanya 3 cangkokan saya tanam di rumah saya di Wedung Demak. Hasilnya yang di Babat ini pertumbuhannya cukup bagus . Selain tanamannya besar juga buahnya tidak jauh berbeda malah lebih manis dan berair”, kata H. Miftakhul Falah pengasuh Pondok Pesantren “ Roudlotul Muttaalimin” Dati Nawong Babat.
Miftakhul Falah mengatakan , perawatan tanaman jambu Citra dan Delima tidaklah sulit . Setelah ditanam pohon tersebut disiram secara teratur seperti tanaman lainnya. Pada waktu-waktu tertentu juga diberi pupuk dan juga bibersihkan dari tanaman pengganggu . 
Setelah lebih 3 tahun pohon jambu tersebut mulai berbungan kemudian berbuah. Pada awalnya buah jambu yang dihasilkan tidak begitu banyak , namun menginjak tahun selanjutnya buahnya makin banyak.
H.Miftakhul Falah 
“ Ini saya rawat seadanya hasilnya cukup lumayan bagus , jika dirawat betul-betul saya yakin tanaman jambu ini menghasilkan keuntungan yang berlipat. Saya yakin jika dikembangkan di sini tanaman Jambu Citra dan Delima ini akan jadi usaha yang menguntungkan”, tambahnya.
Buah Jambu Citra dan Delima ini mulai digemari oleh warga perkotaan seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya menjadi kota-kota tujuan pemasaran buah Jambu ini . Harganyapun bagus kualitas Super perkilonya bisa sampai Rp 20 ribu – Rp 25 ribu , yang sedang Rp 15 ribu an dan paling murah masih diatas Rp 10 ribu perkilonya. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar