Sabtu, 21 September 2013

Pasar Sore Karang Randu Jepara, Pasar Jajanan Tradisional

Ikan pepes dan bothok


Pasar Sore Desa Karangrandu kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara saat ini  menjadi pusat kuliner atau jajanan tradisional ala Jepara , sehingga tidak mengherankan jika siang menjelang sore pasar yang terletak di Jalan Kedung – Pecangaan mulai ramai dengan berdatangannya para penjual dan pembeli.

Menjelang sholat asar lapak-lapak yang sepi itu mulai ramai dengan datangnya para penjual jajanan khas Jepara untuk makanan ada gethuk lindri, horog-horog,gethuk kicak, hoyog-hoyog , klepon ketan, bubur, gemblong, klenyem dan masih banyak yang lainnya. Untuk lauk pauk dan sayuran ada pecel kangkung , pecel rumpul laut, bothok petet, pepes ikan, sate keong dan berbagai macam gorengan lainnya. 

Untuk minumannya ada es cendol, es gempol pleret , es kacang ijo , es ketan ireng dan masih banyak lagi pilihan lainnya.  Karena komplitnya makanan khas jepara inilah menjadikan pasar sore desa Karangrandu ini menjadi salah satu daerah tujuan untuk JJS ( Jalan-jalan sore ) warga kecamatan Pecangaan dan sekitarnya .

“  Jika hari Minggu atau Jum’at sore pengunjung di pasar sore ini cukup ramai , karena pengunjung tidak hanya datang dari sekitar sini   makanan favorit disini gethuk kicak , es gempol pleret dan sate keong. Khusus untuk gethuk kicak made in ibu Kasih dari Karangrandu ini pembeli harus antri saking banyakya pembeli “, ujar salah seorang tukang parkir.


Jangan Pecel rumput laut


Dijelaskannya , Pasar sore desa Karangrandu ini awal pendiriannya adalah pasar tradisional biasa yang menjual kebutuhan sehari-hari utamanya sembako , namun dalam perjalanannya ada perubahan jualan para bakul . Penjual sembako makin berkurang berganti dengan dagangan berupa makanan tradisional siap saji ini berawal ketika bulan puasa empat tahun yang lalu.
 
Jika waktu berbuka puasa tiba warga sekitar Karangrandu mencari hidangan berbuka untuk keluarga dengan cara membelinya kemudian dibawa pulang sehingga lapak-lapak para pedagang tidak disediakan bangku untuk makan ditempat.

Bulan puasa usai sudah namun kegiatan penjualan makanan ini terus berlangsung , kedatangan pembeli tidak untuk dibawa pulang saja  tetapi juga dimakan ditempat. Oleh karena itu disetiap lapak-lapak pedagang diberi bangku untuk para pembeli yang makan di tempat itu sehingga mirip warung tenda pinggir jalan.

Kekomplitan, kelezatan dan juga keekonomisan harga makanan di pasar ini membuat para pembeli yang datang tidak hanya sekali saja . Selain itu pula mereka menceritakan keistimewaan dari pasar sore desa Karangrandu ini kepada tetangga teman dan siapa saja .

Gethuk kicak dan klopo

 Sehingga makin lama pasar ini menjadi salah satu pasar jajanan tradisional Jepara . Namun demikian para pedagang sembako juga masih ada namun jumlahnya tidak sebanyak dahulu ketika awal pasar sore ini dibuat.

“ Pasar sore  ini berkembang menjadi pasar jajanan atau kuliner  bagi warga desa Karangrandu dan sekitarnya. Selain komplit makanannya harganya juga merakyat jajanan disini harganya mulai Rp 500,-  - Rp 2.000,- , bawa uang Rp 5.000,- makan disini ditanggung kenyang  “ , ujar Masluri, S Pd salah satu tokoh masyarakat desa Karangrandu.

Sementara itu salah seorang pengunjung pasar sore yang mengaku berasal dari Tahunan Jepara mengatakan cukup puas jajan dan berbelanja makanan tradisional disini , selain makan ditempat ada juga makanan yang dibawa pulang.

Namun demikian menurutnya masih banyak yang perlu dibenahi agar pasar jajanan ini makin banyak pengunjungnya , diantaranya lapak-lapak pedagang kurang luas sehingga para pembeli yang ingin menikmati hidangan agak terganggu apalagi satu lapak dengan lapak lainnya tanpa ada kain pembatas.

Memang untuk lebih menarik pengunjung pasar sore desa Karangrandu ini perlu pembenahan diberbagai tempat dan  Ini menjadi tugas para pengelola misalnya dari sebagian retribuasi parkir maupun dari pedagang  dananya dipergunakan untuk pembenahan secara bertahap .

Selain itu peran pemerintah daerah juga diperlukan agar penjual dan pembeli nyaman mengadakan transaksi disini dan hal ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan agar pedagang lebih maju. ( Muin )


  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar