Senin, 02 September 2013

Masjid Istiqlal , Selain Tempat Ibadah Juga Tempat Wisata

Masjid istiqlal

Bagi yang belum pernah melihat masjid Istiqlal jika ke Jakarta pasti tidak akan melewatkan kesempatan yang baik ini. Saya bersama keluargapun demikian. Usai menghadiri resepsi pernikahan saudara di gedung palikrama Pegadaian Jakarta menyempatkan diri untuk sholat dan melihat keindahan Masjid yang cukup tua umurnya ini.

Turun dari bis sayapun menuju ke pintu samping masjid. Sampai di pintu disambut oleh satpam penjaga Masjid ditanya dari mana dan siapa ketua rombongannya. Setelah selesai sayapun bergegas untuk menuju ke kamar kecil berwudlu. Tempat wudlu antara wanita dan pria dipisahkan tersendiri.

Karena masjid besar maka tempat wudlunyapun cukup banyak begitu juga tempat untuk buang air kecil. Oleh karena itu jika anda kebetulan ke masjid ini harus mengingat-ingat tempat wudlu atau toiletnya dengan jalan masuknya. Jika anda tidak ingat bisa-bisa anda tersesat karena jauhnya toilet dengan pintu masuk.

Selesai wudlu sayapun bergegas untuk sholat menuju lantai dua. Entah berapa lantai Masjid istiqlal jumlahnya. Melihat kondisinya pada waktu itu saya tidak sholat di dalam masjid , namun terasnya. Yang saya sayangkan di tempat itu sampah –sampah berserakan , selain platik bekas minuman, dos makanan banyak pula sisa makanan yang teronggok disana.

“ Wah inipun sudah diberitahukan bahwa pengunjung atau jamaah dilarang membawa makanan . Nyatanya masih banyak jamaah yang makan di atas masjid ini “, tutur penjaga kebersihan masjid.

Pedagang kaki lilma di depan Masjid


Usai sholat sayapun turun kembali ke pintu samping menuju ke parkiran mobil. Nah jalan menuju parkiran inilah wujud tempat wisata sungguh kelihatan.

Dipinggir jalan berdiri puluhan kios makanan dan cendera mata berjajar rapi. Selain dikelola oleh Koperasi Masjid Istiqlal banyak pula pedagang dari luar yang mremo di kawasan ini.

Selain berbagai makanan cepat saji , makanan khas dan juga oleh-oleh dijual disana. Untuk cendera mata selain  pakaian seperti kaos, celana ,baju, kerudung . Benda-benda lain seperti gantungan kunci, gambar-gambar dan patung-patung kecil dan mainan juga di jual di sana.

Masjid Istiqlal bagi yang belum pernah datang merupakan tempat wisata yang menyenangkan. Selain bisa melihat secara langsung  kemegahan bangunan masjid yang setiap hari hanya dilihat di televisi. Kita juga bisa shalat dan melihat dari dekat kondisi dalam masjid yang bisa menampung ribuan jamaah. (Muin)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar