Sabtu, 22 Maret 2014

Jalan Babalan - Menco Rusak Parah , Tutup Akses ke Desa Babalan




Demak – Saat ini  jalan yang menghubungkan desa Babalan dan dukuh Menco desa Berahan Wetan kondisinya rusak berat. Jalan sepanjang 3 kilometer jika musim penghujan tiba seperti kubangan kerbau. Akibatnya akses warga desa Babalan ke kota kecamatan terputus.

“ Dari dulu hingga sekarang jalan jalan Babalan – Menco belum ada perbaikan yang memadai . Jalan belum ditalud dan betonisasipun tidak memenuhi standar akibatnya usai dibangun rusak kembali begitu seterusnya”, kata Umar Manshur (55) tokoh masyarakat desa Babalan pada wartademak ,Sabtu (22/3).

Kerusakan jalan desa Babalan – Menco ini sudah lama di rasakan warga. Akibatnya jika menuju ke kota kecamatan biasanya warga memutar jalan. Sehingga menambah waktu dan biaya. Keparahan ini terjadi jika musim penghujan tiba.

“ Untuk menuju desa Menco yang jaraknya sekitar tiga kilometer harus memutar melewati desa Mutih dan Bungo . Jarak putarnya lebih dari 10 Km ini cukup merepotkan”,  kata Umar.

Menurut Umar jalan yang menghubungkan desa Babalan – Menco ini merupakan jalan alternative yang terdekat dari Jepara ke Demak. Selain itu juga jalan untuk pemasaran hasil pertambakan berupa garam dan perikanan.

Namun karena akses yang masih buruk itulah maka jalan ini hanya dilewati di musim kemarau saja. Jika musim penghujan tiba jalan sepi tiadak ada yang melewati. Padahal warga desa sangat membutuhkan jalan ini untuk mempercepat pemasaran hasil pertambakan.

“ Mumpung ada caleg hal ini kami utarakan mudah-mudahan ada perbaikan yang lebih baik ke depannya “, katanya lagi.

Fatkhan ,SH caleg Partai Demokrat dapil IV Wedung – Bonang menanggapi hal tersebut mengatakan, fihaknya setiap tahun sudah mengusulkan lewat dewan hal tersebut. Untuk tahun 2014 ini ada pembangunan di salah satu titik dijalan tersebut.

Melihat kondisi fisik jalan yang dikelilingi tambak menurutnya membutuhkan biaya ekstra . Tidak hanya betonisasi jalannya saja tetapi jalan harus ditinggikan serta ditalud kiri kanannya. Itu membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika hanya dibeton saja maka jalan tersebut tidak akan bertahan lama karena gerusan air sungai kanan kiri.

“ Karakteristik jalan Babalan – Menco mirip dengan jalan Babalan Kedungmutih. Saat ini jalan Babalan – Kedungmutih tinggal selangkah lagi selesai. Nah setelah ruas Babalan – Kedungmutih prioritas kami adalah jalan Menco- Babalan”, kata Fatkhan SH.


Fatkhan menjanjikan bahwa jika di 9 April nanti dia terpilih kembali menjadi anggota dewan dia akan sekuat tenaga merealisasikan hal tersebut diatas. Selain membutuhkan biaya yang cukup besar juga membutuhkan tenaga untuk menggolkan usulan tersebut di forum dewan. (Muin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar