Jumat, 07 Maret 2014

Bata Ringan Kini Diminati Dan Bisa Di Pesan

Bata ringan sudah dipasang

Demak – Dulu orang membangun rumah tembok hanya mengenal bata merah yang terbuat dari tanah  liat   dan Bata Putih dari tanah kapur. Selanjutnya ditemukan batako yang terbuat dari campuran pasir dan semen. Kini ditemukan lagi  bata baru yang ringan yang lebih hemat dan ekonomis.

“ Jenis bata ringan ini lebih ekonomis selain harganya lebih murah, ringan dan tidak menghabiskan semen. Jika diplester dan di aci bentuknya dari luar tidak bisa membedakan mana bata merah mana bata ringan “ , kata Suwadak (25) sales Bata ringan wilayah Kedungmutih dan sekitarnya pada FORMASS, Selasa (4/3).

Suwadak mengatakan , Bata ringan ini dari bentuknya sama dengan bentuk bata merah maupun putih. Namun dari segi ukurannya bata ringan ini jauh lebih besar. Jika bata merah setiap meter kibiknya mencapai ribuan bata namun bata ringan ini hanya seratusan lebih sedikit.

“  Yang sering di pesan di daerah sini ukuran panjang 60 cm lebar 20 cm dan tebal 7,5 cm per meter kubik isi 111 bata. Selain ukuran itu masih ada ukuran lainnya untuk harganya sama per meter kubik saat ini Rp 750 ribu “, kata Suwadak.

Melihat harganya yang lebih ekonomis bata ringan ini mulai laris di pasaran. Meskipun ringan namun jika di pasang kekuatannya tidak kalah dengan bata merah atau bata putih. Apalagi jika diplester diaci terus di cat tidak ada bedanya dari keindahan dan kekuatan.

Apalagi untuk konstruksi bangunan bertingkat , bata ringan subcon ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan bata merah atau bata putih. Sehingga bata ini cocok digunakan pada tanah yang labil atau mudah ambles karena tekanan dari atas.

“ Biasanya untuk rumah kecil 15 meter kubik bata ringan cukup . jika ukuran rumahnya besar biasanya membutuhkan bata sampai 20 meter kubik. Pesan sedikitun bisa nanti kita kirim bersamaan yang lainnya “,kata Wadak.

Peminat akan bata ringan ini menurut Wadak semakin lama semakin banyak . Selain desa Kedungmutih iapun mulai mengirim bata ringan ini ke desa tetangga seperti desa Babalan , Kedungkarang dan juga Kedungmalang. Terbanyak mengirim ke desa Babalan salah satu desa pesisir di kecamatan Wedung.

“ Alhamdulillah kalau dihitung sudah banyak saya mengirim bata ringan ini. Untuk menambah pemasukan dan melayani pelanggan dalam waktu dekat ini saya akan membuka toko matreal kecil-kecil. Disini kami sediakan berbagai macam sample bahan bangunan “, tutur Wadak sambil menunjukkan toko yang juga dibuat dari bata ringan.


Nah bagi pembaca yang tinggal diseputaran Kedungmutih dan butuh bata ringan ini bisa menghubungi Mas Suwadak . Rumahnya depan Masjid “ Baitul Makmur “ desa Kedungmutih . Adapun nomor HP yang bisa dihubungi adalah 085 713 445 633 750. (Muin). 
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar