Kamis, 06 Maret 2014

Alvo Nasyid Demak , Go Publik Untuk Menghibur Masyarakat

Bagi pengemar seni Nasyid di kabupaten Demak dan sekitarnya ada kabar gembira karena di Desa Kenduren kecamatan Wedung kabupaten Demak ada sebuah grup Nasyid yang kini boleh dijajal kemampuannya dalam menghibur . Grup yang berdiri pada tanggal 26 September 2006 dan berna ALVO NASYID ini sudah puluhan kali manggung menghibur masyarakat di berbagai acara seperti walimahan baik pernikahan atau khitanan, seminar , deklarasi partai politik dan juga acara pengajian atau tausiyah. 


Karena bernuansa Islami itulah maka seni Nasyid ini bisa diterima oleh siapa saja dan juga dapat memeriahkan acara apa saja. Selain memperdengarkan lagu-lagu yang bernuansa Islami yang menyejukkan hati , grup ini juga bisa membawakan lagu-lagu pop yang saat ini baru ngetrend di pasaran ataupun lagu lainnya.

Alvo In Action menghibur
“ Awal berdirinya grup Alvo Nasyid ini sebenarnya sesuatu yang tidak disengaja pada awalnya hanyalah memeriahkan acara Nuzulul Qur’an dan santunan anak Yatim , saat itu kita yang punya basic music berkolaborasi dengan grup rebana putri. Hasilnya sungguh diluar dugaan para pemirsa dan pendengar mengaku terhibur dan sangat terkesan oleh penampilan kita itu. 

Akhirnya dengan niat bismilah kita dirikan grup music yang beranggotakan pemuda Masjid Al-Manar , sehingga ada yang mengusulkan grup baru ini diberi nama Alvo Nasyid yang berasal dari kata Al-Manar Voice “, ujar Abied Mohammad Alwafiqyssiroj pimpinan Alvo Nasyid mengenang.

Setelah penampilan pertama itu para pemuda masjid Al-Manar Kenduren ini mulai mengkoordinasikan diri dengan mempersiapkan peralatan music semampunya denga hasil iuran anggota dan juga pinjam sana sini . Latihanpun terus dijalankan meskipun dengan peralatan sederhana mereka bersemangat untuk mengembangkan seni nasyid ini . 

Karena keseriusannya dalam menekuni seni nasyid ini satu dua undangan tampil untuk memeriahkan acara mulai ada satu dua , pada awalnya hanyalah seputaran desa Kenduren saja . Namun karena setiap penampilan ada inovasi-inovasi baru dalam menghibur masyarakat , undangan manggungpun mulai mengalir . 

Tidak hanya local Kenduren saja , namun satu dua mulai ada permintaan manggung dari luar kota seperti Jepara , Kudus dan juga semarang mulai mengalir ibarat air. Latihanpun tidak berhenti selain menjaga kemampuan yang ada juga , mengadakan perubahan dan juga penambahan penguasaan lagu baru sehingga penampilan mereka tetap memikat pemirsa maupun pendengar.

“ Alhamdulillah berkat kekompakan kami dalam bermain music nasyid ini grup kamipernah meraih juara 3 juara festival Nasyid Indonesia tingkat Jawa Tengah piala gubernur Jateng . Untuk tataran kabupaten Demak grup Nasyid kami dua kali mendapat gelar juara 1 lomba Nasyid tingkat kabupaten dan bisa dikatakan grup langganan juara di kabupaten Demak ini “, tambah Abied lagi.


Vocalis in action

Pada awal pementasan music Nasyid ini orang banyak mencibir kehadiran music yang katanya dari negara Irak ini utamanya anak muda , mereka menganggap music nasyid ini lebih hebat dari music ndangndhut. Namun setelah melihat penampilannya mampu dikolaborasikan dengan seni music lainnya akhirnya mereka berdecak kagum dan merekapun ikut terhanyut oleh lagu-lagu islami yang juga dapat dibuat untuk media dakwah. 

Selain itu kehebatan music nasyid ini bisa ditempatkan di segala acara untuk mengibur orang punya gawe oke , untuk memeriahkan acara seminar bisa dan untuk mengisi acara deklarasi partai atau kampanyepun bisa. Oleh karena kelenturannya itulah maka grup Alvo Nasyid ini akan terus go public untuk menghibur masyarakat.

“ Karena sudah go public inilah kami setiap waktu mengadakan latihan untuk tetap mengasah kemampuan kami dalam bermusik nasyid ini , selain itu pula sebisanya kami kolaborasikan dengan seni music lain yang menjadi kegemaran masyarakat agar setiap penampilan kami memikat. Kami menjamin music yang kami sajikan ini bisa memeriahkan setiap acara apapun “, ujar Abied berpromosi.

Penampilannya memikat

Memang seni nasyid saat ini menjadi seni alternative islami yang mampu menghibur masyarakat , dulu music ini hanya dikenal di kota-kota besar saja , namun saat ini seni ini telah merambah sampai ke pelosok desa sehingga bisa dinikmati siapa saja. Bagi yang ingin mendatangkan grup ini bisa menghubungi sekretariatnya 1. Kenduren 03/03 kec. Wedung Kab. Demak 59554. 2. Jalan Merapi, Tanubayan 06/09 Bintoro Demak 59511. No HP : 085727143333, 085226189999, 087833711117, 02913322232, 085640230776. (FM)
Fatkhul Muin
Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar