Kamis, 22 Agustus 2013

Petani Garam Demak Mulai Panen



Demak - Petani garam yang bersentra di kecamatan Wedung kabupaten Demak saat ini mulai panen. Meski agak terlambat panen garam ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh petani. Selain persedian di rumah yang sudah menipis juga garam di gudang sudah habis terjual musim yang lalu.

“ Mestinya bulan ini sudah panen raya. Namun karena musim hujan yang mundur saat ini baru beberapa petani yang mulai memanen garam . Terutama petani yang sejak awal memulai lahannya “, tutur Musa Abdilla petani garam dari Desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak.

Musa Abdillah mengatakan lahan garapannya saat ini belum bisa diambil hasilnya. Ia baru membuat lahan penjemuran air  dengan cara meratakan dengan alat sederhana. Selain itu juga membuat petakan-petakan untuk penjemuran air.



“ Ya kalau lahan saya ini , jika panasnya kuat mungkin setengah bulan sampai satu bulan bisa dipetik hasilnya. Namun kalau ada hujan bisa mundur lagi “, kata Musa Abdillah.

Sementara itu H. Ahmadi petani garam dari desa Kedungkarang, mengemukakan meski saat ini sudah ada petani yang panen . Namun jumlahnya tidak begitu banyak paling hanya 10 – 20 %. Mereka semua baru dalam tahap persiapan lahan dan pengaturan air.

“ Kalau saya lahan dekat dengan rumah , sehingga jika ada waktu luang saya sempatkan untuk menggarap lahan. Alhamdulillah saat ini  saya sudah bisa panen 20 keranjang . Jika panasnya kuat beberapa hari lagi kita panen lagi “, kata H. Ahmadi yang menggarap lahan di pinggir jalan Kedungkarang-Tedunan. (Muin)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar