Minggu, 18 Agustus 2013

Lomban Pesiar Ke Pantai dan Laut Di Hari Kupatan





Selain selamatan ketupat dan lepet , ada juga tradisi  yang lazim dilakukan oleh warga pesisir untuk merayakan badha kupat yaitu pesiar ke pantai atau ketengah laut yang umum disebut lomban.

Untuk kabupaten Jepara sepanjang pantai yang berawal dari Kedungmalang sampai dengan pantai Keling  jika badha kupat tiba  ramai dengan datangnya para pengunjung dari segala penjuru Jepara dam kota-kota lainnya.

Mereka datang berombongan dengan membawa mobil atau naik sepeda motor sehingga jika badha kupat tiba pantai penuh sesak dengan manusia , seperti dipantai Tirto Samudra Bandengan  Jepara dan juga pantai Kartini Jepara.

Khusus di pantai Kartini Jepara , Pemerintah daerah Jepara mengemas tradisi badha kupat ini sebagai pesta lomban yang prosesinya penyerahan sesaji dari Nelayan Jepara kepada Bupati Jepara , yang kemudian dibawa ke tengah laut untuk dilarung dan dido’akan bersama-sama.



Setelah pelarungan sesaji rombongan menuju ke pantai Kartini sebagai pusat keramaian lomban yang menyajikan berbagai pentas seni dan hiburan.

Untuk tahun 2013 ini pesta lomban jatuh pada hari Kamis  tanggal 15 September 2013 . Serunya pesta lomban dengan naik perahu berpesiar ke laut jepara tidak hanya di datangi oleh warga Jepara saja .

Namun warga dari luar Jepara juga hadir di pantai seputaran Jepara untuk merayakan hari raya bada kupat ini dengan datang berombongan. Ada yang datang dari Kudus , Demak , Purwodadi dan juga Semarang.

Untuk kabupaten Demak tradisi pesta lomban juga digelar setiap tahunnya. Pantai yang menjadi pusat prosesinya adalah pantai Moro Demak yang jaman dahulu diyakini sebagai pelabuhan Demak dahulu ketika kerajaan Demak masih Berjaya.

Selain Demak dan Jepara tradisi badha kupat ini mungkin juga dirayakan oleh warga  yang tinggal dipesisir khususnya pulau Jawa , bahkan luar Jawapun mempunyai tradisi yang sama. (FM)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar