Selasa, 06 Agustus 2013

Muhammadiyah Putuskan 1 Syawal 1434 H. Kamis 8 Agustus Jadi Lebaran Bareng



Pengurus Pusat Muhammadiyah mengumumkan Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah jatuh pada hari Kamis 8 Agustus 2013. Dengan demikian, kemungkinan besar Lebaran tahun ini akan berlangsung serempak.

"Menetapkan, 1 Syawal pada hari Kamis 8 Agustus," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di kantornya, Jakarta, Selasa (6/8).

Din menjelaskan, pada Rabu (7/8) besok sudah terjadi konjungsi antara matahari dan bumi dalam gari lurus. "Itu pertanda bulan lama telah berakhir. pada jam empat lebih 15 menit," ujarnya.

Kemudian ketika matahari terbenam pada besok sore, lanjut Din, matahari terbenam lebih dulu kemudian baru bulan. "Artinya bulan masih bertengger di atas ufuk. Itulah hilal. Jadi moon set after sunset. Di atas tiga derajat," pungkas Din.

Perhitungan itu dilakukan berdasarkan hasil Hisab Wujudul Hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga memprediksi Lebaran jatuh pada 8 Agustus. Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A Ghazalie Masroeri mengatakan PBNU masih akan memastikan 1 Syawal setelah melakukan rukyat yang akan digelar pada Rabu (7/8).

"Menurut prediksi hisab NU awal Syawal 1434 H akan jatuh pada Kamis 8 Agustus 2013," ujar Ghazalie, Jakarta, Senin (5/8).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar