Jumat, 02 Agustus 2013

Tradisi Hataman Al-Qur’an Keliling Di Desa Kedungmutih Demak



Ramadhan bagi warga desa Kedungmutih adalah bulan untuk memuliakan Al Qur’an. Selain menggelar kegiatan Tadarus massal di Masjid dan puluhan musholla . Ada juga acara Hataman Al Qur’an keliling dari Masjid hingga ke musholla-musolla yang ada di desa Kedungmutih.

“ Wah kalau ditanya sejak kapan acara itu di gelar saya tidak tahu. Saya masih kecil hingga sekarang acara hataman Al qur’an keliling itu sudah ada “, kata H. Muslihkan tokoh masyarakat desa Kedungmutih Demak.

H. Muslikhan mengatakan acara hataman Al Qur’an di awali di Masjid Jami’ Baitul Makmur rutin setiap tanggal 17 Ramadhan . Acara itu di kemas dengan peringatan Nuzulul Qur’an sebagai tonggal diturunkannya Al Qur’an.

Pada acara itu selain kegiatan membaca Al qur’an 30 Juz bersama-sama . Juga ada pemberian mauidoh hasanah oleh para kiai atau Ustadz. Kegiatan diakhiri dengan selamatn atau makan bersama-sama.

“ Biasanya untuk kegiatan hataman itu di tanggung bersama-sama oleh kaum Masjid atau Musholla”, kata H. Muslikhan.

Setelah masjid mengadakan acara hataman , malam selanjutnya jatuh pada musholla-musholla yang ada di desa Kedungmutih. Jumlah musholla yang ada di kedungmutih ada sekitar 15 yang tersebar di seluruh wilayah.




Mengingat waktu yang hanya tinggal 10 hari menjelang Hari Raya Iedul Fitri. Maka setiap malam tidak cukup satu musholla yang mengadakan kegiatan hataman . Oleh karena itu ada satu malam yang digunakan hataman di dua tempat.

“ Kegiatan hataman merupakan tradisi sejak lama dan melibatkan seluruh warga desa . Sehingga jika pertengahan bulan Ramadhan ini warga sudah mempersiapkan kegiatan khotmil Qur’an ini “, kata Haji Yusuf Ketua pengurus Masjid Jami’ baitul Makmur.

Uniknya menurut Yusuf , keguatan Khotmil Qur’an ini juga melibatkan anak-anak . Sehingga jika musim khotmil tiba anak-anak setiap malam bergerilya dari musholla satu ke musholla lain. Tanpa undanganpun mereka mendatangi kegiatan hataman itu.

“ Untuk orang tua biasanya ada undangan khusus yang disampaikan . namun untuk anak-anak tanpa undanganpun mereka hadir. Selain mendapatkan makan juga ada berkat “, tambah Yusuf. (Muin)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar