Minggu, 04 Agustus 2013

Jelang Lebaran Omset Memed Naik Hingga 30 Persen




Menjelang hari raya Iedul Fitri berbagai pasar tradisional mengalami lonjakan pembeli . Pasar yang biasanya sepi kini berjubel pembelinya. Selain membeli kebutuhan untuk buka dan sahur mereka juga mempersiapkan hidangan untuk berlebaran. Akibatnya pasokan barang juga naik tidak seperti hari biasanya.

“ Untuk jelang hari lebaran ini khususnya H-7 barang yang kami bawa selalu ada kenaikan. Para bakul minta pasokan di tambah karena pembelinya setiap hari makin banyak “, ujar Memed (30)  pedagang bahan pokok yang di temui di pasar baru desa Kedungmutih.

Memed yang berasal dari Pecangaan Jepara mengatakan . Setiap hari ia memasok tiga bahan pokok diantaranya Minyak goreng, Telor dan Tepung Terigu. Adapun pasar yang menjadi langganannya adalah pasar Karangaji kecamatan Kedung Jepara dan Pasar desa Kedungmutih Demak.

Ia sudah lebih lima tahun menekuni usaha bahan pokok keliling ini. Bahan pokok tersebut ia beli dari Pasar  Pecangaan , sedangkan telor ia ambil dari peternakan ayam Kudus. Setiap hari ia membawa barang itu dalam mobil pick up kecil. Jika hari biasa ia hanya sekali hantar , namun jelang lebaran ini kadang ia harus kembali memasok dagangan karena permintaan naik.

“ Ya kalau dihitung kenaikan jelang lebaran ini bisa mencapai hingga 30 persen setiap harinya. Jika hari biasa ia membawa minyak goreng 4 jrigen . Untuk kebutuhan hari lebaran harus ditambah 1 jrigen atau 2 jrigen “, kata Memed.

Selain kebutuhan yang bertambah harga barang menurut Memed juga tidak stabil setiap harinya. Untuk harga telor misalnya setiap hari selalu naik misalnya Rp 100 – 200 . Begitu juga untuk harga minyak goreng dan juga tepung terigu.

“ Nah soal harga inilah yang kadang kami ewuh dengan para bakul langganan. Habis bagaimana kulakannnya naik ya kami jual naik. Tetapi jika nanti turun kami juga akan turunkan harga”, tambahnya.

Namun harga kebutuhan itu biasanya akan stabil lagi jika hari lebaran usai beberapa hari . Begitu juga pasokan barang akan normal lagi seperti biasanya. (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar