Sabtu, 10 Agustus 2013

Keluarga Bani Muhtar Amin Kumpulan Keluarga Di Semarang


Suasana pertemuan Keluarga

Salah satu kegiatan yang paling menonjol di acara mudik adalah halal bihalal. Selain mereka bertemu saling sapa saling cerita dan tak lupa saling bermaafan. Biasanya acara itu dikemas dalam kumpulan keluarga besar.

Seperti halnya keluarga besar Bani Muhtar Amin Demak juga menggelar kumpulan keluarga setiap lebaran. Acara itu bergiliran sesuai dengan urutan dimulai dari keluarga yang tua. Selanjutnya terus berlanjut sampai dengan keluarga yang termuda.

“ Kalau di hitung kumpulan ini sudah dua putaran lebih . Jadi sudah lebih sepuluh kali atau sepuluh lebaran “, kata H. Muqoffin Muhtar sesepuh perkumpulan Bani Muhtar Amin dan tinggal di Semarang.

Muqofin mengatakan pertemuan yang diselenggarakan usai hari raya iedul fitri tahun ini di hadiri lebih 100 anggota keluarga . Mereka selain datang dari Semarang ada juga yang datang dari Jakarta, Yogyakarta, Demak dan Jepara.

“ Aslinya orang tua kami berasal dari Desa Mutih Kulon kecamatan Wedung kabupaten Demak . Namun putra-putri , cucu serta cicit Mbah Muhtar sudah menyebar kemana-mana bahkan ada yang tinggal di Medan “, tambahnya.



Selain beramah-tamah sesama anggota keluarga , mereka juga mendo’akan keluarga yang telah wafat lewat bacaan tahlil. Dengan bacaan itu diharapkan mereka mendapat ampunan dari Allah SWT . Dan yang masih hidup mendapat barokah dan rezeki yang berlipat dari Allah.

Sementara itu H. Syafi’i selaku sesepuh perkumpulan Bani Muhtar Amin mengajak kepada seluruhnya untuk senantiasa melestarikan acar halal bihalal ini. Selain sebagai wahana untuk komunikasi antar anggota keluarga . Juga event untuk menghormati para orang tua dan leluhur yang telah mendahului kita.

H. Syafii berikan tausiyah


“ kemanfaat yang tiada tara dari acara kumpulan keluarga ini . Jika diniati secara tulus ikhlas akan mendapatkan pahala dari Allah SWT “, kata H. Syafi’i.

Usai acara tausiyah dilanjutkan dengan bermusafakah sebagai perwujudan saling bermaafan . Dilanjutkan dengan makan bersama sebelum kembali pulang ke rumah masing-masing.(Muin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar