Minggu, 15 Desember 2013

Kisah Remaja Kreatif , Ternak Domba Membawa Berkah


Muda, cerdas, dan sukses. Kira-kira itulah yang bisa digambarkan dari sosok bernama Andi Nata.
Pria kelahiran Cirebon, 5 Januari 24 tahun silam ini telah berhasil mengembangkan usaha hingga menghasilkan omzet ratusan juta rupiah per bulan. Bisnis domba yang ia geluti bermula dari kecelakaan yang dialami sang ayah.
Siapa yang mengira lulusan Teknik Mesin Universitas Indonesia ini justru tertarik untuk mengembangkan bisnis domba. Usaha yang tentunya bertolak belakang dari ilmu yang ia dapat di kampus.
Andi mengaku, memulai usaha terpaksa karena keadaan. Diawali ketika sang bapak kecelakaan kerja dan butuh biaya operasi yang besar di masa awal kuliah. Secara terbuka dan terang-terangan anak ketiga dari enam bersaudara ini lalu menceritakan kondisi tersebut kepada teman, dosen dan orang tua murid yang kursus dengan dia. Karena faktor kepercayaan dan iba, mereka bersedia meminjamkan uang.
Untuk mengganti uang pinjaman tersebut, Andi terpaksa berjualan donat. Ia pun ngebut mengajar les privat matematika, kimia, dan fisika dari SD, SMP, maupun SMA tiap hari Senin sampai Sabtu seusai kuliah. ”Penghasilan dari jualan donat dan mengajar les privat tidak cukup, saya pun ikut berbagai lomba,” kata Andi kepada HARIAN NASIONAL beberapa waktu lalu.
Usahanya tidak sia-sia, Andi menang lomba karya tulis berhadiah Rp 8 juta dan lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan berhak atas hadiah Rp 10 juta. “Sekitar delapan bulan kemudian, saya pun berhasil melunasi pinjaman saya tersebut,” ujarnya.
Setelah utang lunas, ia mulai melirik terjun ke bisnis domba. “Saya melihat domba punya potensi besar karena kebutuhan daging di Indonesia sangat besar,” ujar peraih penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2011 itu.
Dengan modal pinjaman Rp 8 juta, Andi memulai usaha domba di Cirebon, tempat kelahirannya. Dari modal tersebut, dia bisa membeli satu domba Garut jantan plus empat kambing betina. ”Pada prinsipnya domba Garut itu bibit unggul yang kalau dikawinkan dengan kambing atau domba betina, hasilnya akan memuaskan,” katanya.
Penjualan domba yang bernaung di bawah nama PT Farm Maju Bersama ini melonjak dengan cepat. Domba miliknya dipesan untuk acara aqiqah dan pada musim qurban omzet penjualan naik berkali lipat.
Untuk memenuhi permintaan pesanan yang semakin meningkat,  Andi lalu berinisiatif mengembangkan usaha bersama petani. ”Sekarang ini sudah sekitar 30 petani dari sekitar Jawa Tengah dan Jawa Barat yang sudah bekerja sama dengan kami, dan jumlahnya akan terus bertambah lagi,” ujarnya.
Usaha domba yang ia tekuni kini telah berkembang memiliki 15 karyawan di Depok, 5 karyawan di Cirebon, dan sekitar 10 karyawan untuk menangani kemitraan (franchise).
Tak puas berjualan domba, pria yang juga meraih penghargaan Wirausahawan Sukses dari Kementerian Koperasi dan UKM 2012 itu juga berkreativitas dengan mengolah daging domba menjadi masakan lezat semacam  sate, gulai, dan tongseng. Untuk menguji kualitas rasa, dia pun selalu mencicipi makanan yang diolah agar diterima baik di pasar.
Usahanya tidak sia-sia, karena masakan daging domba olahan Andi sukses masuk hotel bintang lima. Ia berhasil menjadikan daging domba olahannya lebih enak dari daging kambing biasa. “Hasilnya dagingnya empuk dan tidak amis, apalagi yang paling utama tidak mengandung kolestrol,” ujar Presiden Direktur CV Produktif Indonesia itu.
Kreativitas Andi lainnya adalah kandang domba yang dibuat dengan baja ringan. Dengan investasi yang lebih murah dibandingkan memakai mebel kayu, baja ringan dapat bertahan hingga 10-15 tahun. “Sekrup yang ada di baja ringan juga bisa dicopot sehingga memudahkan dilepas saat ingin pindah atau sedang terkena musibah banjir,” kata peraih penghargaan Mahasiswa Berprestasi dari Fakultas Teknik UI ini.
Kini, usaha Andi menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan. Untuk membuka peluang bagi yang ingin terjun ke bisnis domba, ia juga menjalin kemitraan dengan modal Rp 100 juta dengan mendapat kandang, domba, katering, dan pemasaran. Ada pula modal Rp 50 juta yang khusus untuk katering dan pemasaran daerah Jabodetabek. Selain itu ia juga membuat resto gerobak dan restoran yang disesuaikan dengan bujet pemodal. | Fifia A. Himawan
Biodata:
Andi Nata
Tempat Tanggal Lahir: Lahir di Cirebon, 7 Januari 1989,
Pendidikan: S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Jabatan:
Presiden Direktur CV Produktif Indonesia
Presiden Direktur Koperasi Masyarakat Teknik FTUI
Penghargaan:
-         Mahasiswa Berprestasi Kategori Sosial dan Kategori Entrepreneur FTUI
-         Wirausaha Muda Mandiri 2011
-         Wirausaha Sukses bidang Peternakan Domba Garut dari Kementerian Koperasi dan UKM 2012
 Sumber : Harian Nasional

2 komentar:

  1. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Ibu Glory mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

    BalasHapus