Rabu, 25 Desember 2013

Pecel “Rujak Cingurnya” Bu Maaryam Purwogondo Memang Lezat


REP | 26 December 2013 | 10:03  Dibaca:    Komentar: 0    0

1388026746712390066
Bu Maryam ( baju merah)
Jepara - Salah satu warung makan yang terkenal di seputaran protelon Purwogondo kecamatan Kalinyamatan Jepara adalah Rujak Cingur bu Maryam. Lokasi warung ini dari protelon sekitar 200 meter ke arah selatan tepatnya menuju ke lapangan Kenari. Tepat di kiri jalan jika anda menuju ke Water Boom Tiara Park.
Sejak dulu warung ini menyajikan hidangan yang khas yaitu pecel campur rujak cingur. Untuk temannya disediakan lonthong dan horog-horog makanan khas Jepara yang berasal dari tepung aren. Untuk minumannya ada berbagai pilihan es dawet , es teh , kopi , bubur kacang ijo dan minuman ringan lainnya.Selain itu masih ada berbagai macam gorengan.
Khusus untuk pecel rujak cingurnya sudah ada sejak dulu . Jika dihitung warung ini melayani pelanggannya sudah lebih 20 tahun. Waktu itu putra-putri ibu Maryam masih kecil-kecil.Dan Warung itu dibuka untuk membantu suami menambah penghasilan untuk keluarganya. Dulu yang membuat dan menyajikan ibu Maryam sendiri.
Namun seiring dengan perjalanan waktu yang melayani pembeli kini adalah putra dan putrinya. Justru kini salah satu putranya sering mengantikannnya dalam meramu bumbu pecel untuk dihidangkan ke pelanggannya. Anda jangan kaget itu adalah salah satu putra ibu Maryam.
1388026824984687586
Pecel Rujak Cingur bu Maryam
“ Ya sekarang yang menunggui warung ini kebanyakan saya . Ibu paling-paling yang meramu bumbu dan juga member pengarahan saja “, kata putra ibu Maryam padaFORMASS Selasa (24/12).
Selain sayur-sayuran yang segar ciri khas  pecel rujak cingur ibu Maryam ini terletak pada bumbu pecel yang cukup menendang. Tekstur bumbunya sangat halus sehingga campuran kacang ,gula , dan bumbu lainnya menyatu banget. Keistimewaannya terletak pada bau terasi yang sedap dalam bumbu pecel tersebut.
Oleh karena itu cukup mantap jika dipadukan dengan dengan rujak cingur yang kenyal. Sehingga jika dimakan rasanya akan gurih-gurih nyos . Apalagi jika dimakan pada siang hari ketika perut lapar rasanya begitu lezat dan ngangeni. Wajar jika warung ini cukup ramai jika makan siang tiba.
1388026916478428305
Es dawetnya nyus
“Alhamdulillah selama lebih 20 tahun membuka warung . Pelanggan saya silih berganti namun banyak pula pelanggan lama yang sudah puluhan tahun merasakan pecel rujak cingur ini “, aku Ibu Maryam.
Untuk harganya saat ini satu porsi pecel rujak cingur beserta nasi atau horog-horog Rp 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk minuman Es dawet Rp 4 ribu. Oleh karena itu jika kita masuk ke warung ini tidak usah bawa uang banyak cukup Rp 15 ribu bisa merasakan satu porsi pecel rujak cingur, satu gelas Es Dawet, dan beberapa gorengan.
Nah bagi pembaca yang belum pernah merasakan lezatnya “Pecel Rujak Cingur “ Ibu Maryam Purwogondo bisa klenang-klenong ke warung ini. Lokasinya cukup mudah anda dari Jepara atau Kudus sampai di protelon Purwogondo belok Kiri dan lurus sekitar 200 meter ada banner warung . Kalau belum ketemu langsung tanya pada orang sekitar dijamin ketemu Silakaaaan, (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar