Senin, 23 Desember 2013

Puluhan Rumah Di Kedungmutih Demak Menunggu Di Bedah


Demak – Desa Kedungmutih kecamatan Wedung   merupakan salah satu desa pesisir di kabupaten Demak. Sejak dahulu desa ini dikenal sebagai kantong kemiskinan karena warganya hanya mengandalkan laut sebagai mata pencaharian.

Namun seiring dengan pemberdayaan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa ini mulai beranjak dari keterpurukan ekonomi. Selain pembukaan lapangan pekerjaan baru . Warga desa ini remaja putrinya banyak yang keluar desa sebagai TKW ( Tenaga Kerja wanita ) ke luar negeri.

“ Dulu yang mendominasi adalah TKW di Arab Saudi . Tetapi karena saat ini telah di tutup mereka bergeser ke Abu Dhabi, Kuwait dan Malaysia”, kata Hamdan (57) Kepala desa Kedungmutih pada FORMASS Senin (23/12).




Bagi mereka yang keluarganya menjadi TKW ke luar negeri ekonomi mereka mulai tertata. Rumah merekapun kelihatan layak huni karena telah direnovasi. Selain ditinggikan dinding rumah digantikan dengan tembok dan rata-rata berlantai keramik.

“ Tetapi masih ada puluhan rumah lainnya yang tidak layak huni karena tidak mempunyai biaya untuk merenovasi. Biasanya mereka hanya mengandalkan tenaga saja untuk mencukupi kehidupan sebagai buruh kasar”, tambah Hamdan.

Hamdan yang telah menjabat kepala desa yang kedua kali mengatakan. Satu setengah tahun yang lalu memang desanya mendapatkan bantuan pemerintah bedah rumah. Namun karena jumlah bantuan yang terbatas maka belum semua rumah tidak layak huni . Jadi masih ada seratusan rumah yang harus diperhatikan.




Seperti halnya rumah milik Yuyun warga RT 01 RW 1 desa Kedungmutih ini. Selain kecil juga tidak layak huni karena kondisinya sangat sederhana. Dinding rumah terbuat dari gedek  dan atapnya terbuat dari asbes. Ukurannya hanya 3 X 4 meter. Lantainya pun masih tanah liat jika hujan tiba didalam becek.

“ Ya habis bagaimana saya hidup sendirian dengan anak saya. Suami sudah tidak mempedulikan saya semenjak saya sakit. Ya kalau hujan bocor dan air tergenang di sana –sini “, aku Yuyun yang disambangi FORMASS.


Rumah ibu Yuyun

Yuyun adalah salah satu potret keluarga miskin di Kedungmutih yang rumahnya tidak layak huni. Di desa Kedungmutih masih ada puluhan keluarga miskin yang mengaharapkan bantuan bedah rumah dari Kementrian Perumahan atau dinas instansi terkait lainnya. (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar