Sabtu, 21 Desember 2013

Pak Zarkoni : Ketua RT Kerja Sosial Tanpa Bayaran

pak zarkoni

Jepara – Bagi Zarkoni warga desa Kuanyar kecamatan Mayong kabupaten Jepara kerja sebagai ketua RT adalah kerja social. Meskipun cukup merepotkan namun jabatan sebagai ketua RT ini dijalani dengan senang hati. 

Jika dihitung jabatan itu dilakoni lebih 20 tahun dengan banyak permasalahan.
Karier sebagai ketua RT berawal dari ayahnya dulu sebagai Ketua RT dikampungnya. Kala itu dia diberi tugas sebagai sekretaris RT membantu ayahnya . Namun setelahnya ayahnya uzur karena usia iapun didaulat warga untuk menduduki jabatan itu.

“ Ya di katakan senang ya senang. Dikatakan susah ya susah . Menjadi ketua RT bagi saya amanat yang harus dijalankan meski tidak ada bayaran seperti halnya perangkat desa “, kata Zarkoni (47) ketua RT 05 RW 03  yang akrab dipanggil pak gandul oleh temannya sesama pengebreak.

Menjadi ketua RT menurut Pak Gandul banyak suka daripada dukanya. Oleh karena itu meskipun dari segi financial tidak ada apa-apanya. Namun dari segi kemanusian banyak sekali manfaatnya. Terutama dalam bertetangga dan bermasyarakat.

Oleh karena itu dia berprinsip bila warga masih membutuhkan tenaganya. Ia akan terus mengabdi dan berhidmat kepada desa dan masyarakat dilingkungannya. Namun demikian dia mempunyai usulan agar tercipta ketertiban administrasi maka ada anggaran khusus untuk RT setiap tahunnya.

“ Dana itu nantinya bisa digunakan untuk melengkapi administrasi di tingkat RT misalnya untuk membeli buku , alat tulis dan keperluan adminstrasi lainnya. Sementara ini kita nombok terus”, papar Zarkoni.

Untuk tahun 2013 ini lingkungannya mendapatkan jatah dari pemerintahan desa  Kuanyar perbaikan jalan kampung. Dana tersebut kemudian ditambah dengan swadaya masyarakat diwujudkan dengan betonisasi jalan. Meski baru satu jalur namun hal ini cukup membantu masyarakat.

“ Alhamdulilah selain mengeluarkan swadaya masyarakat berupa uang. Warga juga bergotongroyong dalam pengerjaan betonisasi jalan kampung ini “ kata pak Zarkoni sambil menunjukkan jalan kampung  yang telah diperbaiki. (Muin)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar