Minggu, 01 Desember 2013

PNPM Mandiri Bangun Gedung Madin ”Tasymirusy Syubban” Jepara

Gedung Madin PNPM 2013

Jepara – FORMASS , Desa Tedunan kecamatan Kedung kabupaten Jepara tahun 2013 ini mendapatkan kembali kucuran dana dari pemerintah lewat PNPM ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ) Mandiri Perdesaan. Lewat Musrenbangdes dana  sebesar Rp 151.961.000   tersebut disepakati untuk rehab berat Madrasah Diniyyah ”Tasymirusy Syubban”  yang kondisinya sudah cukup tua.

Dengan ditambah Swadaya Masyarakat sebesar Rp 40 Juta Gedung Madrasah tersebut akan direnovasi kembali sehingga kondisinya layak kembali untuk belajar para siswa jika sore hari. Adapun bangunan Madrasah Diniyyah yang dibangun berukuran 7,3 X 19,3 meter.

”  Dengan dana PNPM ini kami  membangun 3 lokal baru , bangunan lama kami robohkan karena sudah tua selain itu kondisi lantai juga kami tinggikan sesuai dengan kesepakatan  Rapat dan juga RAB yang ada ” ujar Fahrur Rozi (48) Sekretaris TPKD ( Tim Pengelola Kegiatan Desa) PNPM Mandiri Perdesaan desa Tedunan pada FORMASS Ahad (1/12).

Fahrur Rozi   mengatakan, pelaksanaan pembangunan Gedung Madrasah ini mengacu pada aturan yang ada. Dari mulai perencanaan , musyawarah desa,verifikasi  sampai dengan penetapan dilewati secara baik . Selain itu untuk swadaya masyarakat juga cukup tinggi , karena hampir 25 % anggaran pembangunan Gedung Madrasah ini bersumber dari swadaya masyarakat. 

Penggalangan dana swadaya tersebut  melibatkan ketua RT yang ada dengan cara menarik  swadaya dari pintu ke pintu  . Jika sekali belum lunas maka penarikannya doatur secara angsuran , setelah terkumpul uang tersebut disetorkan pada bendahara TPKD .

Selain itu diwaktu-waktu tertentu TPKD juga mengerahkan tenaga masyarakat dalam rangka membantu pembangunan Madin ini , untuk tahap awal ketika pembongkaran bangunan hampir seluruh warga datang sehingga pekerjaan cepat terselesaikan.


Gedung Madin PNPM 2012

” Saya akui warga kami kesadaran untuk berswadaya masih tinggi , selain kami bebani bentuk uang tunai , tenaga mereka pada waktu tertentu kami minta pergunakan mereka dengan suka rela datang membantu kami ”, terang Fahrur Rozi.

F. Rozzi mengatakan , tahun 2012 yang lalu Madin ini juga telah mendapatkan dana PNPM sebesar  Rp 91,975 ditambah swadaya Rp 30 juta . Dana tersebut dipergunakan untuk membangun dua local kelas , dua kelas lagi murni sawadaya masyarakat. Tahun 2013 ini kembali mendapatkan dana PNPM untuk membangun 2 lokal kelas dan 1 lokal kantor Madrasah.

Madrasah Diniyyah ”Tasymirusy Syubban” ini usianya sudah puluhan tahun. Santri atau siswa yang belajar mencapai lebih dari 500 siswa. Yang belajar di Madrasah ini adalah anak-anak usia SD / MI. Adapun kurikulum pembelajarannya mangacu pada LP Ma’arif Jepara. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar