Senin, 02 Desember 2013

Masjid Jami’ Darussalam Teluk Wetan Jepara Di rehab

Gotong royong warga mengecor lantai masjid

Jepara – Masjid Jami’ Darussalam desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan kabupaten Jepara saat ini direhap total. Pembongkaran masjid dilaksanakan satu setengah tahun yang lalu. Saat ini kondisi bangunan masjid sudah mencapai 35 persen pembiayaan swadaya masyarakat dengan cara penarikan dari rumah ke rumah.

“ Masjid yang dulu usianya suda lebih 30 tahun. Oleh karena itu jamaah sepakat untuk direnovasi serta dilebarkan sesuai dengan kondisi sekarang “, kata H. Sumarto salah satu panitia pembangunan pada NU Online Ahad (1/12).

Menurut H. Sumarto Masjid Jami’ Darussalam yang baru ini berukuran 20 X 30 meter . Adapun lantainya bertingkat dua sedangkan model puncak atau mustokonya bercorak minimalis . Biaya keseluruhan jadi seratus persen diperkirakan menghabiskan dana 8,5 Milyar.

“ Karena besarnya biaya itulah maka masjid ini kami perkirakan jadi lima tahun ke depan secara sempurna. Namun demikian kami berusaha agar masjid ini secepatnya jadi “, tambah H. Sumarto.

Pelaksanaan penggalangan dana  dan pembangunan semuanya dilakukan secara bersama-sama. Untuk pembangunan misalnya jika membutuhkan tenaga banyak dilakukan secara gotong royong dengan penjadwalan. Utamanya untuk pengecoran dipastikan ada gotong royong warga. Satu hari membutuhkan tenaga 75 – 100 orang ketika pengecoran.

“ Hari ini untuk pengecoran lantai dua bagian depan ada sekitar 70 orang warga yang hadir disini. Alhamdulillah mereka semua kompak untuk gotong royong pembangunan masjid ini “, kata H. Sumarto

Sedangkan untuk penggalangan dana , dilakukan penjatahan infaq yang selanjutnya ada penarikan seminggu sekali . Panitia mendatangi warga untuk menjemput infaq mereka. Selain itu juga ada penggalangan dana keluar desa dan juga di jalan depan Masjid . (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar