Selasa, 16 Juli 2013

Pelumas Bekaspun Membawa Rejeki Bagi Hudi

Pak Hudi tunjukkan Oli bekas

Bagi sebagian orang pelumas bekas pakai atau oli blothong adalah barang yang tak berguna , namun bagi Hudi ( 55 ) warga desa Kedungmalang kecamatan Kedung kabupaten Jepara merupakan barang yang berharga.

Dari usaha mengumpulkan oli blothong ini dia mampu menghasilkan pemasukan tambahan yang lumayan bagi keluarganya. Setiap hari ia mendatangi bengke-bengkel sepeda motor yang menjadi langganannya , dengan mengunakan sepeda motor  dan peralatan pompa minyak iapun mengisi jrigen yang dibawanya dengan olie bekas pakai.

Sekali datang ia membawa 4 – 5 jrigen yang setiap jrigennya berisi oli 25 literan, sehari ia kadang bisa balik lagi jika simpanan oli blotong dipenampungan masih banyak.

” Bagi orang biasa oli blothong ini tidak ada artinya , namun bagi saya itu merupakan rejeki karena satu jrigen seperti ini saya bisa menjual kepada bakul Rp 80 ribu  dan saya bayar pada bengkel disini Rp 50 ribu ”   ujar Hudi yang ditemui di salah satu bengkel sepeda motor resmi di Pecangaan Jepara.

Hudi yang pekerjaan utamnya sebagai nelayan menuturkan , dulu sebelum harga Solar melambung tinggi oli bekas bukan barang yang istimewa karena semua mesin perahu masih menggunakan solar sebagai bahan bakar.

Namun ketika solar melambung tinggi para nelayan banyak yang beralih bahan bakar dari solar ke minyak tanah yang lebih murah , namun agar pemanasan lebih bagus maka dicampurlah dengan oli bekas.

Mulai saat itulah ia berburu oli bekas sebagai bahan campuran minyak tanah untuk bahan bakar mesin perahunya dan juga teman-temannya. Melihat olie bekas membawa rejeki , beberapa orang tetangga desa mencoba membuka usaha seperti dirinya.

Namun ia beruntung meskipun beberapa bengkel yang menjadi langganannya didatangi dengan membayar lebih namun mereka tetap mempercayakan kepadanya.

Sehingga mereka mencari bengkel yang lebih jauh sehingga ongkos operasionalnya lebih tinggi dari dirinya , selain itu  stok merekapun tidak begitu banyak seperti dirinya.

Oleh karena itu dikawasan pesisir Demak dan Jepara ia yang dikenal orang sebagai pemasok oli bekas , meskipun saat ini sudah banyak yang terjun berbisnis olie bekas seperti dirinya. (Muin)


Haji yaman Bersama KBIH " Jabal Nur " Bandengan Jepara 
 Nama Kelompok : “ Jabal Nur “
Alamat                    :   Ds. Bandengan Kec. Kota Jepara
Pengasuh              : Ustad H. Abdullah Uzair
Telp                         : 081 393 577 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar