Kamis, 11 Juli 2013

Cuaca Masih Hujan Harga Garam Demak Mulai Menanjak


Demak - Hujan yang masih mengguyur di lahan pertambakan garam di kabupaten Demak membuat harga garam mulai naik. Hal itu di sambut gembira oleh sejumlah petani yang masih mempunyai sisa garam tahun lalu di gudang. Namun demikian tidak semua petani merasakan kenaikan harga , karena stok garam mereka telah habis sebelumnya.


“ Ya jika dihitung , petani garam yang merasakan kenaikan garam hanya beberapa orang saja karena garam mereka telah dijual ketika banjir besar menerpa tambak 3 bulan yang lalu “, ujar Zaenuri pedagang garam dari desa Kedungmutih.

Zaenuri mengatakan , sebelumnya harga garam di lahan berkisar Rp 20 ribu – 25 ribu setiap kwintalnya dengan kualitas umum. Namun karena hujan yang terus mengguyur ada kenaikan harga berkisar Rp 10 – 15 ribu setiap kwintalnya. Sehingga harga garam saat ini sudah mulai naik menjadi Rp 30 ribu – 40 ribu setiap kwintalnya.

“ Kalau dulunya masuk gudang Rp 30 ribu setiap kwintalnya , saat ini sudah laku Rp 40 ribu dengan kualitas umum. Jadi keuntungannya sudah 10 ribu setiap kwintalnya. Untuk yang kualitas super harga bisa dua kali lipatnya”, papar Zaenuri.

Hal sama juga dikatakan H. Ahmadi petani garam asal desa Kedungkarang. Di lahan garam desa Kedungkarang harga garam juga mulai dirasakan oleh petani. Sehingga beberapa gudang garam mulai dibongkar dan dijual pada pengepul.

Menurutnya stok garam simpanan petani di desa Kedungkarang hanya tinggal sekitar 20 persen saja. Semua gudang garam sudah di bongkar pemiliknya . Selain untuk keperluan sehari-hari hasil dari penjualan garam ada yang dipergunakan untuk biaya haji.

“ Dari hasil garam ini petani garam banyak yang berhasil naik Haji. Apalagi jika harga garam bagus yang naik haji setiap tahunnya ada kenaikan”, kata H. Ahmadi. (Muin)


Haji yaman Bersama KBIH " Jabal Nur " Bandengan Jepara 
 Nama Kelompok : “ Jabal Nur “
Alamat                    :   Ds. Bandengan Kec. Kota Jepara
Pengasuh              : Ustad H. Abdullah Uzair
Telp                         : 081 393 577 202




Tidak ada komentar:

Posting Komentar