Rabu, 03 Juli 2013

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Jepara Ziarahi Makam Mantingan



Ada tradisi warga Jepara yang dilakukan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tradisi itu adalah bersih-bersih dan berziarah ke makam leluhur. Oleh karena itu disetiap makam kelihatan ramai jika pagi atau sore menjelang.

Salah satu makam yang tidak lepas dari tradisi ziarah tersebut adalah Makam Sultan Hadiri dan Ratu Kalinyamat di desa Mantingan.Makam ini letaknya dari pusat kota sekitar 8 Kilometer ke arah Selatan. Merupakan salah satu makam yang bersejarah bagi kota Jepara.

Di Mantingan ini selain makam atau pesareyan ada juga Masjid Kuno yang mempunyai sejarah bagi perkembangan agama islam di Jepara. Oleh karena itu warga atau peziarah yang datang ke Makam ini tidak melewatkan untuk melihat dan shalat di Masjid ini.

Dari pantauan , jelang Ramadhan jumlah peziarah yang datang mencapai ribuan orang setiap harinya.Tempat parkir yang biasanya bisa memuat kendaraan hari-hari ini meluber hingga pinggir jalan kanan dan kirinya.

Selain warga Jepara sendiri terlihat mobil luar kota hadir di pemakaman ini. Banyaknya peziarah yang memasuki areal makam membuat mereka harus antri . Selain itu peziarah kebanyakan berombongan datangnya sehingga membuat arela makam penuh sesak.

“ Ya kami berombongan datang kemari untuk berziarah ke makam Njeng Sunan dan Ratu Kalinyamat mohon berkah mudah-mudahan diberikan kelancaran dan kesehatan “, ujar peziarah yang datang dari desa Pecangaan. (Muin)


Haji Nyaman Bersama KBIH " Jabal Nur " Bandengan Jepara 
 Nama Kelompok : “ Jabal Nur “
Alamat                    :   Ds. Bandengan Kec. Kota Jepara
Pengasuh              : Ustad H. Abdullah Uzair
Telp                         : 081 393 577 202





Tidak ada komentar:

Posting Komentar