Senin, 24 Februari 2014

Pagi-Pagi Belanja Ikan di Pasar Baru Desa Kedungmutih Demak Mengasyikkan

Udang dari tambak 

Demak – Bagi penggemar atau pedagang ikan dan hasil laut lainnya di seputaran Demak dan Jepara pasti pernah datang ke Pasar Ikan pagi desa Kedungmutih. Selain dikenal komplit ikannya juga jangkauannya cukup mudah. Sehingga tidak mengherankan jika pasar ini selalu ramai didatangi penjual dan pembeli.

“ Jam 3 pagi pasar ini mulai di datangi penjual atau pembeli . Puncak keramaian pasar ini sekitar jam 6 pagi. Jika sedang ramai penjual dan pembeli bisa membludag hingga ke jalan “, kata Rohman (35) petugas parkir pasar baru desa Kedungmutih.

Rohman mengatakan , Pasar ikan desa Kedungmutih ini di bangun sekitar lima tahun yang lalu. Penjual ikan datang dari desa desa seputaran Kedungmutih seperti desa Babalan , Kedungkarang, Menco Demak. Dan juga desa Kedungmalang, Panggung, Surodadi dan Kalianyar Jepara.


ikan dari laut tinggal pilih


Sedangkan para pedagang yang datang ke pasar ikan Kedungmutih adalah para bakul atau pengepul ikan dari  desa Kedungmutih dan juga luar kota. Seperti dari kota Jepara , Pecangaan, Mayong dan juga Kudus. Mereka datang menggunakan sepeda motor atau mobil .

“ Ikan dan hasil laut dari pasar baru desa Kedungmutih ini selanjutnya di bawa atau dipasarkan ke pasar ikan di seputaran Demak seperti pasar Jepara, Mayong, Kudus , Pati , Semarang dan juga sampai ke Solo dan Yogya “, tambah Rohman.

Selain ikan dan hasil laut  pasar ikan desa Kedungmutih juga menjual ikan hasil dari tambak. Berbagai ikan dari yang kecil semua ada , Udang berbagai jenis sampai dengan kepiting dan rajungan . Ikan air tawar juga ada ada nila , bawal, gabus dan juga lele.

Oleh karena itu bagi penggemar atau pedagang hasil laut dan tambak bisa datang ke pasar ini habis subuh. Selain harganya yang miring juga barangnya masih bagus dan segar. Transportasi menuju ke pasar ikan desa Kedungmutih inipun cukup mudah selain naik kendaraan umum kita juga bisa naik sepeda motor atau mobil.

udang ditimbang


Kepala Desa Kedungmutih Hamdan mengatakan, pasar ikan desa Kedungmutih dulunya merupakan pasar “krempyeng” yang menggunakan jalan sebagai tempat jual beli. Namun setelah dipindahnya pasar desa Kedungmutih ke tempat baru . Maka pasar ikan dikembangkan menjadi besar dengan adanya bangunan dari pemarintah pusat lewat Dinas Perikanan dan Kelautan.

Setiap harinya pedagang dan pembeli yang datang ke pasar ikan desa Kedungmutih ini mencapai lebih dari seribu orang. Mereka adalah pedagang , pengepul dan juga pembeli berbaur menjadi satu. Jikan dibandingkan dengan desa yang lain di kabupaten Demak pasar ikan ini termasuk yang terbesar dan teramai.


“ Di depan pasar ikan itu bangunan dermaga kecil untuk pendaratan ikan bagi perahu nelayan yang datang dari laut. Semuanya itu kita sediakan untuk kenyamanan dan kelancaran jual beli ikan di sini “, jelas Hamdan Kepala Desa Kedungmutih. (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar