Senin, 10 Februari 2014

Tingkatkan Minat Kuliah dengan University Expo


Jepara - Dalam rangka meningkatkan minat peserta didik Kabupaten Jepara untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Alumni Pesantren Kilat Mata Air Jepara menggelar kegiatan University Expo (Uniex), Jumat hingga ahad (7-9/02). Kegiatan yang diselenggarakan di gedung wanita kabupaten Jepara tersebut merupakan agenda utama alumni mata air dalam mengabdi kepada masyarakat Jepara.

Siti Rahayu, ketua kegiatan University Expo menuturkan bahwa kegiatan tersebut telah digelar dua tahun belakang. “Melihat antusiasme masyarakat Jepara setahun yang lalu, tahun ini punkami juga menggelar kegiatan serupa,” tuturnya.

Kegiatan yang bertemakan ‘Mengabdi Berkarya untuk Indonesia’ tersebut akan diisi oleh perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. “Meskipun tidak semua Perguruan Tinggi turut andil dalam kegiatan ini, namun setidaknya Pergurun Tinggi yang ada telah mewakili semuanya,” kata Rahayu saat ditemui setelah pembukaan University Expo, jumat (07/02).

Dia menerangkan selain Pameran Perguruan Tinggi kegiatan tersebut juga diisi dengan Seminar Pendidikan, Try Out bersama SBMPTN, lomba Futsal, lomba karikatur, lomba poster, lomba geguritan dan lomba Stand Up Comedy. “Pada umumnya kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi pendidikan yang ada di Jepara,” terangnya.

Adib Khoiruzzaman, manajer Mata Air Jepara  mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memberikan sosialisasi PTN-PTS kepada siswa SMA sederajat se-kabupaten Jepara. Ia menilai sosialisasi yang dilakukan selama ini belum menyeluruh. Sekolah di pinggiran, sambungnya, jarang disentuh. Padahal mereka juga memiliki potensi meski dalam hal pendanaan memang kurang.

Adib menyampaikan, University Expo merupakan agenda untuk memberikan informasi PTN-PTS kepada siswa SMA. Harapannya kegiatan bermanfaat untuk mereka yang hendak meneruskan jenjang ke pendidikan yang lebih tinggi.

Di Jepara, terang Adib Mata Air sudah berjalan 3 tahun. Komunitas Mata Air Foundation dalam setiap tahun mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) sebagai bekal untuk kuliah. Saat Sanlat santri dibina materi persiapan masuk ke Perguruan Tinggi Materi lain yang tidak kalah penting adalah materi keagamaan dan kebangsaan.

“Alumni Pesantren Kilat Mata Air Jepara selain kami siapkan untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri juga kami pacu untuk berwirausaha dan mempunyai jiwa kepemimpinan,” katanya.

Subroto, wakil bupati Jepara dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini perlu dijadikan sebagai agenda wajib untuk meningkatkan taraf pendidikan di Kabupaten Jepara. “Sosialisasi Perguruan Tinggi perlu diadakan agar pelejar di Jepara semakin tinggi minat kuliahnya,” katanya.

Beliau berharap melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap masyarakat semakin sadar untuk menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. (Rif’ul Mazid Maulana)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar