Minggu, 23 Februari 2014

Bikin Bedug Butuh Waktu Seminggu - Setahun

Bahan bedug berbagai ukuran siap dibikin. (Foto: mac)

Demak - DALAM memroduksi terbang dan bedug, Musthofa, Perajin Terbang dan Bedug asal Bintoro Kecamatan Demak Jawa Tengah, ini memerlukan waktu satu minggu hingga satu tahun.

”Jika bahan sudah tersedia, dalam waktu satu minggu pesanan terbang dan atau bedug berukuran kecil dapat kami dipenuhi. Tetapi jika bahannya masih mencari, terutama untuk pembuatan bedug raksasa, maka bisa mencapai satu tahun”, tutur Musthofa.

Menurut Musthofa, bedug yang biasa dipesan orang rata-rata bergaris tengah 130 – 140 centimeter. Itu pula sebabnya, di bengkelnya telah tersedia bahan baku dalam jumlah banyak dan dalam tempo satu minggu dirinya bisa memenuhinya. Namun pesanan bedug raksasa hingga berukuran 2 meter, pihaknya harus berkeliling hutan untuk mendapatkan pohon besar dan harus mengeringkan kayunya hingga lebih sepuluh bulan.

”Untuk bedug raksasa ukuran 180 centimeter hingga garis tengah 2 meter,  kami minta tempo satu tahun. Karena kami harus mencari bahannya, termasuk mengeringkannya hingga kadar airnya mencapai 0 persen”, katanya.

Dalam memroduksi terbang dan bedug, Musthofa dibantu 5 - 9 orang pekerja. Para pekerja tersebut hanya diserahi tugas untuk mengampelas, mengecet (memvernis-red) dan pekerjaan ringan lainnya. 

Sedangkan untuk memasang kulit dan menyetel suara, semuanya langsung ditangani sendiri oleh pria yang juga pemilik hotel MUSTIKA 9, hotel khusus peziarah Sunan Kalijaga Kadilangu Demak Jawa Tengah ini.  (Machmud)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar