Jumat, 04 Oktober 2013

Air Bersih Bantuan Di Serbu Warga Desa Kedungmutih

Warga serbu air bantuan Pemda Demak 

Demak - Air bersih saat ini menjadi barang berharga bagi warga pesisir Wedung. Oleh karena itu ketika datang bantuan air bersih dari Pemda Demak lewat Kantor  BPDB di serbu warga. Pemandangan itu terekam di desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak .

“ Sudah hampir 2 bulan ini warga  membeli air bersih dari Jepara. Tandon air warga ketika musim penghujan sudah habis. Jadi ya kayak gini kalau ada bantuan datang “, tutur Suyadi (45) perangkat desa Kedungmutih.

Suyadi menuturkan , selama musim kemarau ini desa baru mendapatkan bantuan air bersih 2 kali. Satu kali kiriman sebanyak 5 tangki dengan kapasitas 5000 liter. Ke 5 tangki tersebut selanjutnya di sebar ke 5 tempat. Dengan menggunakan berbagai wadah air  merekapun antri mengisi air dari tangki.

“ Ya jika musim kemarau tiba warga di sini pasti kekurangan air. Bagi yang punya uang biasanya mereka beli pada penjaja air. Yang tidak punya uang biasanya nunggu bantuan “, kata Suyadi.

Suyadi menambahkan , kebutuhan air bersih terasa ketika stok air di Jepara menipis. Warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih sehingga harganya bisa melambung tinggi. Oleh karena itu dia mengharapkan adanya sambungan air PDAM Demak.

“ Harapan kami pipa yang sudah ada bisa segera di aliri air , sehingga warga tidak lagi kesulitan air bersih jika musim kemarau tiba”, tambah Suyadi.

Menurutnya satu KK harus mengeluarkan biaya air Rp 7 – 10 ribu dalam sehari. Air itu di beli dari penjaja air dari daerah Jepara. 4 Jrigen 30 liter yang diangkut dengan sepeda motor berharga Rp 7 ribu rupiah. Jika satu keluarga anggotanya banyak sehari bisa butuh air hingga 2 rit.

Sutikan (40) warga desa Kedungmutih menyambut gembira adanya bantuan air bersih dari pemerintah daerah Demak. Namun dia mengharapkan bantuan itu bisa datang seminggu sekali . Harapannya dengan adanya bantuan air itu dia bisa mengirit pengeluaran harian.

“ Ya kita terima kasih sekali adanya bantuan air ini . Tetapi kalau bisa bantuan ini seminggu sekali datangnya sehingga warga bisa tertolong di saat kekeringan “, kata Sutikan yang sehari-harinya jualan sosis.

Selain untuk desa Kedungmutih bantuan air bersih lewat kantor BPBD Demak ini juga di suplai ke desa pesisir lain. Misalnya desa Kedungkarang, Tedunan, Kendalasem dan Babalan. (Muin)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar