Kamis, 31 Oktober 2013

Ojek Sepeda Motor Bisa Hidupi Anak Dan Istri

Tukang ojek , hamim ( inzet )

Jepara - Sepeda motor bagi Hamim (40) warga desa Karangrandu kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara merupakan alat pencari nafkah sehari-harinya, dengan sepeda motor itu ia dapat menghidupi anak dan istrinya . Pekerjaan sebagai tukang ojek ia jalani jauh sebelum ia berumah tangga .

Ketika itu ia baru lulus dari madrasah Tsanawiyah atau setingkat SMP karena untuk melanjutkan sekolah tidak ada biaya karena ditinggal mati ayahnya iapun mencoba bekerja sebisanya. Kebetulan kakaknya mempunyai profesi sambilan sebagai tukang ojek , yaitu mengantarkan tetangganya atau siapa saja yang ingin ke kota atau tempat lain menggunakan kendaraaan roda dua atau sepeda motor.

 Suatu hari kakaknya ada keperluan maka iapun disuruh untuk menggantikan kerja kakaknya , yaitu mengantarkan pelanggannya membawa dagangan ke pasar. Awalnya ia takut karena naik sepeda motornya belum pandai , namun karena keseringan menggantikan kakaknya itu maka iapun jadi terbiasa, bahkan oleh kakaknya iapun dibelikan kendaraan sepeda motor dengan cara ngangsur atau kredit.

“ Setelah punya motor sendiri meskipun dengan cara kredit  saya jadi semangat untuk ngojek , selain bisa mejeng pakai motor juga dapat duit untuk beli bensin , sisanya untuk bayar angsuran dan sisanya lagi bisa ditabung. Setelah banyak pelanggan saya jadi jatuh cinta pada pekerjaan ojek ini , bahkan setelah rumah tangga pekerjaan ojek saya tekuni sampai sekarang “, ujar Hamim yang setiap hari mangkal di Pasar Baru desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Jepara.

Hamim yang mengaku telah beranak dua mengatakan , pekerjaan ojek baginya merupakan pekerjaan pokoknya meskipun dihitung penghasilannya tidak begitu besar namun setiap harinya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari walau dengan kondisi sederhana.
Oleh karena itu dari pagi hingga sore ia membawa sepeda motor kesayangannya itu ke pangkalan ojek untuk menunggu orang yang ingin diantarkan kemana saja . Jika pagi hari ia mangkal di Pasar Baru desa Kedungmutih menunggu para bakul pelanggannya untuk mengantarkan dagangan dari pasar ke rumahnya masing-masing, dari pagi sampai siang ia bisa mengantarkan 4-5 pelanggannya.

Sorenya setelah beristirahat sejenak di rumah iapun kembali keluar untuk mangkal di pertigaan Pecangaan Jepara yang menjadi pangkalan keduanya karena ia mempunyai kartu anggota untuk mangkal ditempat ini.

Dari pertigaan Pecangaan ini jika kondisi ramai ia bisa mengantarkan 2 -3 orang , namun jika kondisi sepi paling sehari dapat 1 penumpang bahkan kadang-kadang hanya nongkrong saja melihat lalu lintas sekitar.


“ Ya bagi saya pekerjaan ojek ya lumayan hasilnya , jika mau keluar seharian dari pagi hingga sore kita bisa membawa pulang uang Rp 50 ribu – 60 ribu seharinya. Oleh karena itu pekerjaan ojek ini bagi saya merupakan pekerjaan pokok saya , sambilan saya menggarap sawah jika musim tanam padi, sedang istri dirumah membantu dengan terima pekerjaan jahit dari usaha konveksi milik tetangga. Semua itu untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga Alhamdulillah cukup meski  kondisi seadanya namun kami sekeluarga merasa bersyukur “, aku Hamim yang dapat membuat rumah dari hasil mengojek.(Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar