Selasa, 08 Oktober 2013

Jelang Hari Raya Iedul Adha Harga Hewan Ternak Beranjak Naik

Zaenal Fathoni  bersihkan kandang

Jepara - Hari Raya iedul Adha atau Qurban tidak lama lagi. Ada kesibukan tersendiri pada pengusaha jual beli hewan ternak. Stok yang biasanya biasa saja kini harus ditambah. Sehingga mereka harus mendatangkan hewan ternak Sapi , Kerbau atau kambing dari luar.

“ Kalau hari biasa sih 5-7 sapi sudah cukup . Namun untuk persiapan hari raya saya sudah mempersiapkan dua kali lipat. Di kandang saya sudah ada 13 sapi dan 5 kambing “, kata Zaenal Fathoni warga desa Pulo darat Pecangaan yang membuka usaha jual beli ternak sapi  dan kambing.

Zaenal mengatakan , untuk melayani permintaan akan hewan kurban . Dia telah mempersiapkan satu bulan sebelumnya . dia mendatangkan sapi dari berbagai daerah seputaran Jepara . Selain Grobogan, Demak , Kudus ada yang di datangkan dari daerah Pati.



Sapi untuk keperluan qurban biasanya harus kualitas baik. Selain umur sudah sampai juga kesehatan serta kegemukan harus diperhatikan. Oleh karena itu harganya juga lebih tinggi dibandingkan untuk keperluan biasa. Mereka pencari hewan qurban biasanya tidak melihat harganya , namun kualitas yang dipentingkan.

“ Kalau saat ini sapi untuk keperluan qurban paling tidak ya Rp 15 jutaan – Rp 20 jutaan . Kalau 1 sapi untuk 7 orang paling tidak satu orang ya Rp 2,5 juta rupiah “, ujar Zaenal Fathoni.

Mendekati hari raya qurban ini harga hewan ternak menurut Zaenal terus beranjak naik. Kenaikan harga berkisar 10 – 20 persen karena permintaan memang naik. Harga biasa berat kotor biasanya hanya Rp 33 ribu namun jelang hari raya qurban harga menjadi Rp 40 ribu .

“ kalau dihitung per ekor naiknya ya Rp 1 juta – Rp 1,5 juta. Memang hari raya qurban permintaan selalu naik ya harga ikut-ikutan naik . Saya kulaknnya juga naik “, aku Zaenal Fathoni.

Selain untuk keperluan qurban Zaenal juga menyediakan sapi dan kambing untuk keperluan hajatan. Di kandang belakang rumahnya setiap waktu selalu tersedia hewan ternak. Namun jumlahnya tidak sebanyak jika jelang hari raya qurban seperti ini.

Usaha yang dijalani sudah lebih lima tahun ini telah mampu menambah penghasilan untuk keluarganya. Oleh karena itu setelah pensiun sebagai guru SD nanti ia berencana membesarkan usahanya. Selain memperbesar kandang juga menambah jumlah hewan ternak sehingga hasilnya bisa berlipat jika dibandingkan sekarang. (Muin)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar