Kamis, 24 Oktober 2013

Pilpet Tahap Ke dua , 50% Calon Petahana Tumbang

Suasana rumah salah satu calon jadi usai pilihan (Foto: Muin/FORMASS)

JEPARA - Sebanyak 17 atau 50 persen dari 34 calon petahana (incumbent) tumbang pada pemilihan petinggi (pilpet) tahap kedua, Selasa (22/10) lalu. Pilpet Tahap II dilaksanakan di 52 desa. ''Jika dibandingkan pilpet tahap pertama, 8 Oktober lalu, jumlah petahana yang menang pada pilpet tahap kedua, persentasenya meningkat,'' ujar Kabag Tata Pemerintahan Setda Jepara Eriza Rudi Yulianto, kemarin.

Pada pilpet tahap pertama lalu yang dilaksanakan di 32 desa , ada 19 petahana yang maju lagi. Namun, yang dapat mempertahankan kursinya hanya tujuh, sedangkan 12 lain tumbang. Dari hasil pantauan, 17 petahana yang mempertahankan kursinya, hanya sebagian yang benar-benar memenangkan pemilihan dengan suara mutlak.

 Antara lain petahana Petekeyan (Kecamatan Tahunan) H Ali Subkhan yang meraih 2.199 suara, berbandingkan dengan Bambang Teguh Widodo (anak mantan petinggi yang terdahulu) meraih 863 suara.

Kemudian Petahana Pecangaan Wetan (Kecamatan Pecangaan) Kolif meraih 1.772 suara, sedangkan lawannya Muji Riyanto hanya 754 suara. Petahana Mulyoharjo (Kota) HM Rosyid berjibaku dan menang dengan 2.595 suara, hanya selisih 166 suara dari Wagisan (2.429 suara). Adapun suara batal sangat tinggi, 519 suara.

Sementara itu, tujuh petahana lainnya dengan mudah mempertahankan kursi. Sebab, hanya melawan calon pendamping dari keluarga dekat/saudara. Bahkan, lima di antaranya melawan sang istri, yaitu di Desa Bakalan (Kalinyamatan), Pelang (Mayong), Jatisari (Nalusmari), Kaliombo (Pecangaan), dan Busu. Dua lainnya, Keling (Keling), dan Tempur (Keling) melawan pendamping dari keluarga dekat.

Lancar dan Kondusif

''Secara umum, pilpet berjalan aman, lancar dan kondusif,'' ujar Eriza. Pada hari pemungutan suara, Bupati Ahmad Marzuqi, Wakil Bupati Subroto, Forkopinda, DPRD, dan sejumlah pejabat terkait memantau dalam tiga rombongan. 

Tingkat kehadiran pemilih rata-rata cukup tinggi. Seperti diberitakan, pilpet  serentak akhir 2013 ini,  dijadwalkan di 134 desa. Untuk tahap ketiga akan digelar di 50 desa pada 3 November mendatang. ''Untuk  pelantikan petinggi terpilih, akan dilaksanakan serentak di pendapa kabupaten sesuai dengan tanggal pemungutan suara, bulan berikutnya,'' imbuh Eriza. (kar-57,47)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar