Jumat, 04 Oktober 2013

Pak Sunaryo Sediakan Hewan Ternak Untuk Kurban dan Hajatan

Pak Sunaryo tunjukkan Kerbau untuk kurban


Jepara - Jelang hari raya Iedul Adha permintaan Ternak ( Kerbau, Sapi , Kambing) naik drastic. Jika dihitung dengan hari biasa kenaikan bisa dua kali atai tiga kali lipat . Oleh karena itu satu bulan sebelum hari raya stok harus ditambah agar pelanggan tetap  bisa mendapatkan hewan kurban.

“ Kalau hari biasa kita menyediakan kerbau, sapi atau kambing untuk keperluan hajatan. Namun khusus untuk bulan ini kami juga menyediakan hewan untuk korban jadi stok kami tambah dua atau tiga kali lipat “, ujar Sunaryo pengusaha jual beli hewan ternak di desa Sowan Kidul Jepara.

Sunaryo yang membuka usaha sejak tahun 1997 mengatakan, hewan ternak yang dijual itu didatangkan dari berbagai daerah seputaran Jepara. Ada yang di datangkan dari Kudus, Purwodadi dan juga Demak. Selain kerbau dan sapi juga ada kambing berbagai ukuran.

“ Kalau   Kerbau dan Sapi untuk keperluan korban kami bisa menjualnya dari  harga Rp 12 juta – 20 juta . Jika kambing yang bagus harga diatas Rp 2 juta dibawahnya juga ada tergantung barangnya “, papar Sunaryo.

Selama hampir dua puluh tahun menekuni usaha jual beli ternak . Sunaryo mengaku cukup bagus dan prospektif untuk dikembangkan bagi yang berminat. Agar menguntungkan harus dibekali teknik pemilihan hewan , selain itu juga teknik pemeliharaan di kandang.

Puluhan sapi dan kerbai di kandang

“ Untuk melayani hewan korban saja pasokan saya bisa mencapai 40 – 50 ekor kadang lebih. Selain pribadi yang datang ke sini instansi pemerintah dan   swasta juga  membeli hewan korban dari sini “, tambah Sunaryo.

Untuk instansi pemerintah biasanya sekolah dan kantor dinas. Sedangkan instansi swasta misalnya pabrik dan juga perusahaan . Sedangkan pribadi-pribadi biasanya mereka gabungan , entah jamaah musholla , jamaah masjid maupun kewrukunan RT.

“ Nah itu yang datang pengurus Masjid mereka korban berombongan kemudian setelah terkumpul uangnya datang ke sini mencari hewan korban , Akhirnya mereka beli Kerbau dengan harga Rp 16,5 juta “, kata Sunaryo sambil menunjukkan satu kerbau yang telah di pesan oleh pengurusw Masjid di Demak.

Pembeli sedang melihat-lihat Kerbau


Bagi yang ingin membuka usaha seperti dirinya Sunaryo mengatakan, selain modal yang besar juga ketekunan dalam merawat hewan. Modal digunakan untuk kulakan hewan dan juga membuat kandang yang layak.

Kandang miliknya dibuat cukup luas sehingga hewan bisa bergerak dengan leluasa. Selain itu pakan juga harus tersedia setiap waktu . Yang tak kalah pentingnya adalah perawatan harian oleh orang yang ahli.

“ Dengan pengelolaan yang baik saya yakin usaha jual beli hewan ternak ini akan menguntungkan . Saya alami sendiri meski pernah mengalami jatuh bangun namun itu tidak jadi halangan bagi saya “, imbuh Sunaryo yang juga Carik desa Sowan Kidul kecamatan Kedung kabupaten Jepara. (Muin).

Profil Usaha
Nama     : Sunaryo
Alamat   : Desa Sowan Kidul Kec. Kedung Kab. Jepara

No HP    :  081 229 473 972




Tidak ada komentar:

Posting Komentar