Senin, 21 Oktober 2013

Pilihan Petinggi Tukang Ojek Ketiban Rejeki

Maksum antar penumpang yang biasa naik angkot

Jepara - Pagi hari ini Selasa (22/10) di 54 desa se kabupaten Jepara di selenggarakan pilihan petinggi. Kendurian besar warga desa setiap 6 tahun sekali untuk memilih pimpinan desa. Seluruh warga desa menggunakan hak pilihnya untuk menentukan petinggi.

Calon-calon yang berlaga dalam ajang pilihan petinggi mengeluarkan berbagai jurus untuk memikat pemilih. Salah satunya dengan menyediakan kendaraan penjemputan pemilih dari rumah sampai dengan TPS. Akibatnya semua  angkutan desa di booking oleh calon petinggi.

Dengan tidak beroperasinya angkutan desa tersebut menjadi rejeki tersendiri bagi tukang ojek . Biasanya satu hari hanya mendapatkan beberapa tarikan saja. Tetapi pada hari ini order mengantarkan orang jadi berlipat. Sampai tujuan langsung kembali ke pangkalan , di pangkalan sudah menunggu penumpang lainnya.

“ Alhamdulillah berkah Pilihan petinggi hari ini , saya bisa bolak-balik mengangkut penumpang. Tak pakai antri langsung dapat penumpang”, aku Maksum tukang ojek yang biasa mengkal di pasar baru desa Kedungmutih Demak.

Maksum mengatakan, biasanya satu hari ia hanya mendapatkan 4 – 5 tarikan. Namun pada pagi hari ini ia sudah mengantarkan orang hampir 10 kali. Ia perkirakan satu hari ini jika sampai siang hari mungkin bisa dapat 20 tarikan.
“ Ini tadi saya udah ngantar orang pulang dari pasar lebih 10 kali , belum lagi nanti mengantar para bakul yang pulang ke rumah “, tambah Maksum.

Maksum mengaku menjadi tukang ojek sudah lebih dari dua puluh tahun. Setiap hari ia mangkal di pasar baru bersama puluhan temannya. Sehari jika kondisi ramai bisa membawa pulang hasil Rp 75 ribu – 100 ribu. Namun jika suasana pasar sepi sehari ia bisa membawa hasil Rp 50 ribu.

Dari hasil mengojek itulah ia bisa menyekolahkan anak , membiayai keluarga sehari-hari dan juga untuk keperluan lain. Dari sepeda motor satu karena ketekunanya dalam bekerja kini ia sudah bisa membeli motor untuk anaknya.

“ Alhamdulillah hari ini benar-benar saya ketiban rejeki . Biasanya saya antri disini untuk dapat penumpang tetapi hari ini tanpa antri penumpang datang sendiri “, kata Maksum. (Muin)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar