Selasa, 05 November 2013

Melihat Peternakan Kambing Perah di Banyuputih Jepara

Khakim tunjukkan Susu Kambing

Jepara- Ada yang menarik dari desa Banyuputih kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara. Di desa ini kini sudah ada peternakan Kambing yang memproduksi susu Kambing. Meskipun belum berskala besar setidaknya usaha ini bisa dijadikan ajang pembelajaran bagi peternak lain.

Adalah Abdul Khakim warga RT 09 RW 03 yang cukup kreatif membuka usaha peternakan kambing perah. Di belakang rumahnya ada sekitar 15 kambing perah yang setiap hari menghasilkan susu kambing. Kambing jenis ettawa yang cukup besar ini bisa diperah 2 kali sehari.

“ Ya kalau dihitung setiap hari satu ekor kambing bisa diperah susunya 1 – 1,5 liter . Jadi jika kita mempunyai 10 ekor kambing setiap hari kita bisa menjual 10 – 15 liter susu kambing segar “, ujar Abdul Khakim pada FORMASS .


Hakim di kandang kambing



Abdul khakim mengatakan , sebelum membuka usaha peternakan kambing perah ini ia memelihara kambing biasa. Dalam satu siklus ia pernah mempunyai kambing lebih 20 ekor. Namun karena dihitung untungnya kecil maka iapun beralih usaha memelihara kambing perah .

“ Alhamdulillah saya sudah menjalani usaha kambing perah ini selama setengah tahun. Kelihatannya penjualan susu kambing makin bagus prospeknya “, aku Khakim

Saat ini pemasaran susu kambingnya kebanyakan dari mulut ke mulut . Selain itu adiknya juga memasarkannya lewat jejaring social. Hasilnya cukup bagus setiap harinya pasti ada pelanggan yang datang ke rumahnya untuk membeli susu kambing .

“ Ya setiap hari satu dua pelanggan datang ke sini untuk membeli susu kambing. Biasanya sebelumnya SMS dulu sehingga kami bisa mempersiapkan dan susu kambing dalam keadaan segar “, tambah khakim.

Saat ini susu kambing dengan label BM ( Berkah Manunggal ) Farm ia sediakan 2 pilihan . Yang pertama ia sediakan dalam botol berukuran 0,5 liter dan yang kedua bungkus plastic dengan ukuran 0,25 liter. Adapun harga jual perliter saat ini Rp 30 ribu.

Khasiat susu kambing yang bisa menyembuhkan penyakit inilah yang menjadi alasan konsumen datang kembali. Salah satu pelanggan yang mengkonsumsi susu kambing mengatakan sakitnya Asma sembuh setelah minum susu kambing secara rutin. Selain itu susu kambing ini diyakini bisa menyembuhkan penyakit bronchitis , dan juga stroke ringan.

Silakan pesan


“ Sehari kami memerah susu dua kali pagi dan sore hari , oleh karena itu pelanggan kami sarankan untuk datang ke tempat kami SMS terlebih dulu. Sehingga bisa langsung melihat pemerahan susu “, kata Abdul Khakim.

Meski berskala kecil namun usaha kambing perah ini bagi Abdul Khakim sudah bisa menghidupi keluarganya. Selain itu iaupun masih mempunyai usaha mengolah lahan pertanian untuk di tanami padi dan tebu.

Minum Susu kambing Asyik


Oleh karena itu selain membeli susu tamu yang datang ke rumahnya ada yang belajar beternak dan bertani . Mereka datang untuk belajar memelihara kambing , membuat pakan fermentasi dan juga meminta informasi seputar pertanian.

“ Bagi yang ingin beli susu silakan datang kemari , untuk yang belajar bertani saya juga siap menerima . Saya siap membagikan ilmu kepada siapa saja yang berminat pada usaha Kambing perah ini “, kata Khakim sambil memberikan nomor HPnya 082 332 608 507 . (Muin)

Profil Usaha:
Nama Usaha  : Berkah Manunggal Farm
Pemilik          : Ahmad Khakim Dan Abdullah Kharis
Alamat       : Desa Banyuputih RT 09 RW 03  Kecamatan Kalinyamatan   Kabupaten Jepara
Jenis Usaha: Produksin Usaha Susu Kambing
Kontak        : 082 332 608 507  ( Khakim)  085  226  459  409 (Kharis )





1 komentar: