Minggu, 03 November 2013

KelomWan “ SRI MAKMUR” Kalianyar Jepara Hasilkan Garam Iodium Dari Lahan Plastik

Ibu Sutiah memanen garam di lahan plastik

Jepara – Ibu –ibu yang berprofesi sebagai buruh gendong garam di desa Kalianyar kecamatan Kedung kabupaten Jepara mempunyai kegiatan baru. Semenjak mereka berkelompok dalam Kelompok Wanita “ Sri Makmur” mereka memproduksi garam iodium dari lahan yang tidak jauh dari rumahnya.

Di samping rumahnya itu Ketua Kelompok Ibu Sutiah bersama 9 ibu-ibu buruh gendong lainnya membuat lahan garam yang terbuat dari plastic tebal berwarna hitam. Dengan membuat petak-petak kecil berukuran 1 X 2 meter di lahan 15 meter persegi itu mereka bisa memanen garam beriodium setiap 3-4 hari sekali.



“ Kami mulai membuat garam dengan lahan plastic ini sekitar satu bulan. Sehingga hasilnya belum maksimal musim hujan sudah keburu datang “, kata Ibu Sutiah ketua kelompok “ Sri Makmur “ pada FORMASS.

Ibu Sutiah yang didampingi ibu Mariam ( Sekretaris) dan Ibu Muzawidah ( bendahara) mengatakan. Plastik untuk lahan garam tersebut adalah bantuan dari pemerintah yang bertujuan untuk menambah penghasilan bagi ibu-ibu buruh gendong di desanya. Selain itu pula ada juga pelatihan yang berkaitan dengan pembuatan garam beriodium dengan media plastic.

garam iodium hasil dari lahan plastik


Menurut Ibu Sutiah membuat garam iodium dengan  media plastic cukup mudah . Selain lahan yang baik , air asin tua ketekunan juga sangat dibutuhkan. Yang pertama dilakukan setelah lahan siap adalah mengisi air tua ke dalam lahan ditambah dengan ramsol jugazat  iodium .

Adapun penangannya adalah jika air mulai surut harus di tambah. Selain itu kebersihan lahan juga dijaga jangan sampai ada kotoran yang masuk. Adapun masa panen dibutuhkan waktu 4 – 5 hari. Jika panasnya cukup kuat dalam waktu 3 hari air saja garam bisa di panen.

“ Alhamdulillah di lahan yang tidak begitu luasnya ini kelompok kami sudah panen lebih 20 zak garam iodium. Siapa yang mau membeli kami persilahkan menghubungi saya “, kata Ibu Sutiah .

Menurut ibu Sutiah garam yang dihasilkan di lahan plastic ini kualitasnya lebih bagus dibandingkan  dengan garam yang dibuat di media tanah liat. Warnanya lebih putih bersih , meski Kristal tidak besar namun cukup padat sehingga cocok untuk garam konsumsi . Apalagi sudah ada zat iodiumnya sehingga  dikemas bisa langsung dijual.

Garam iodium siap di pasarkan
Ketika ditanya kendala, Ibu Sutiah mengatakan saat ini kelompoknya masih membutuhkan peralatan untuk operasional garam . Alat yang dibutuhkan diantaranya adalah bakul plastic untuk memanen 20 biji. 

Pipa paralon untuk mengalirkan air ke lahan pembuatan garam , terpal plastic untuk menutupi lahan garam dari air hujan . Serta gudang garam untuk menyimpan hasil panen.

“ Alhamdulillah Pak Bupati Jepara Ahmad Marzuki sudah datang kesini melihat dari dekat pembuatan garam iodium ini . Mudah-mudahan usul kami ini mendapat respon dari bapak bupati”, kata ibu Sutiah. (Muin)

Profil Usaha:
Nama          : Kelompok Wanita "Sri Makmur"
Alamat        : Desa Kalianyar Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara
Jenis Usaha: Pembuatan garam beriodium.
Kontak        : 087 831 551 709










Tidak ada komentar:

Posting Komentar