Jumat, 15 November 2013

Santunan Yatama desa Kedungmutih , Gembirakan Yatama Di Bulan Asyuro


K. Mujab Nadhir Masjid Jamik Baitul Makmur

Demak – Ada kegiatan yang di gelar oleh pengurus Masjid jami’ Baitul Makmur  desa Kedungmutih  Wedung Demak dengan datangya tahun baru Hijriyah 1435 H. Selain menggelar melekan dengan perang terbang dan baca barjanji pas pada tanggal 10 di gelar santunan untuk Yatama . Itu semua dilakukan sebagai isbak nabi Muhammad SAW  yang Yatim dan juga mencintai anak Yatim.

“ Kegiatan santunan Yatama telah dilaksanakan oleh pengurus sejak tahun 2008. Dulu hanya dilaksanakan setahun sekali. Namun tiga tahun belakangan ini dilaksanakan dua kali setahun pada bulan Asyuro dan bulan Ramadlan “, tutur H. Yusuf ketua pengurus Masjid Jami’ “Baitul Makmur “ pada FORMASS.

Kegiatan santunan Yatama tahun 1435 H ini berawal pada Sabtu (9/11) yaitu pembangian amplop kosong kepada seluruh warga desa Kedungmutih oleh ketua RT setempat. Selanjutnya pada hari Senin (11/11) dengan bantuan siswa-siswi MA “ Ribhul Ulum” dan juga Mahasiswa Tim KKN Unnes diadakan pengambilan amplop dari warga masyarakat.


Anak-anak Yatim yang disantuni

“ Alhamdulillah pada hari Senin sore sudah terkumpul dana sekitar Rp 8,5 juta rupiah. Selanjutnya dana tersebut disimpan untuk diakumulasikan sampai hari Rabu pagi “, kata H. Yusuf.

Adapun pelaksanaan santunan Yatama dijatuhkan tepat tanggal 10 Asyuro seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain menghadirkan sebanyak 42 Yatama terdiri dari 1 Yatim Piatu 11 orang anak Yatim dan 10 Piatu juga hadir pengurus, tokoh masyarakat dan Tim KKN Unnes.

Acara diawali dengan pembacaan tahlil oleh K. Mujab dilanjutkan dengan sambutan Nazdir . Usai sambutan dan tausiyah dilanjutkan dengan do’a anak yatim yang dibaca oleh ananda Nurussyifak. Usai do’a dilanjutkan dengan pembagian santunan dan bingkisan hasil dari penggalangan dana dari masyarakat.

Do'a anak yatim oleh Adik Nurussifak


“ Alhamdulillah pada tahun ini ada kenaikan dana dari masyarakat  . Sampai akhir penarikan hari Rabu dana terkumpul sekitar 11 juta kurang sedikit. Dana itu langsung kami bagikan kepada Yatama dan ada sisa kas untuk penyantunan bulan Ramadhan yang akan datang “, kata HM.F.Muin bagian panyantunan.

Menurut H. Muin santunan Yatama yang telah berlangsung selama lebih 5 tahun ini akan terus ditingkatkan . Sehingga perolehan dana semakin lama semakin meningkat. Harapan ke depan desa Kedungmutih mempunyai griya Yatama yang di pergunakan untuk mengasuh para Yatama. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar