Minggu, 17 November 2013

Bagong Melawak Dulu Hoby Kini Profesi

Warto Alias Bagong

Demak - Bagi Warto alias Bagong warga desa Sambiroto kecamatan Kunduran Kabupaten Blora saat ini melawak merupakan profesi yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Oleh karena itu jika ada job manggung pekerjaan itu dijalaninya dengan senang hati. Apalagi sang istri juga mempunyai pekerjaan yang sama dengannya susah senang dijalani berdua.

“ Dulu memang hoby mas , namun semenjak berkeluarga melawak ini jadi profesi karena hasil dari melawak ini untuk mencukupi kebutuhan harian keluarga “, aku Bagong pelawak grup Kethoprak Siswa Budaya Pati pada FORMASS ketika manggung di Demak .

Bagong mengatakan sejak kecil dia senang pada kesenian kethoprak. Adegan yang paling berkesan adalah dagelan atau pelawak. Jika pas adegan lawak itu ia tak sedetikpun meninggalkan.Iapun menghafalkan jargon- jargon lawakan yang membuat penonton terpingkal-pingkal.

“ Nah dari menonton lawakan itulah saya mulai mencoba meramu lawakan sendiri . Awalnya ya grogi pasti ada namun setelah beberapa kali manggung rasa demam panggung hilang dengan sendirinya”, kata Bagong.

Bangong ingat manggung pertama kali melawak tahun 2007 saat itu usianya baru 14 tahun. Ketika itu baru saja lulus SMP dan ketika itu lawakannya cukup lucu dan menghibur . Akibatnya job-job manggung terus menggelinding . Grup-grup kethoprak , orkes campur sari mengajaknya manggung ke mana-mana.

“ Karena terus berpindah-pindah manggung itulah , niat saya untuk melanjutkan sekolah berhenti. Selain di kenal orang saya juga pegang uang terus “, kata Bagong.

Apalagi semenjak berumah tangga pekerjaan melawak terus dijalani hingga sekarang. Istrinya juga mempunyai profesi yang sama dengannya berperan sebagai dayang-dayang istana. Tugasnya selain mendampingi putri raja juga menghibur dengan lagu dan nyanyian.

“ Alhamdulillah kami mempunyai profesi yang sama . sehingga setiap hari selalu bersama menghibur masyarakat , Mudah-mudahan berkah untuk keluarga kami “, tambah Bagong.

Bagong mengaku hasilnya dari melawak berdua dengan istrinya sangatlah cukup untuk hidup sederhana. Oleh karena itu jika ada job-job manggung ia jalani berdua dengan senang hati. Tujuan yang utama baginya adalah kesenangan hati biar hidup sederhana namun kaya hati.Apalagi jika apa yang ia sajikan membuat penonton gembira.

“ Ya kalau dihitung saya sudah manggung kemana-mana mungkin ada 20 grup kethoprak yang saya ikuti.  Selain itu saya juga MC di berbagai grup orkes campur sari “, kata Bagong sambil memberikan nomor HP 085 228 535 0870295 472063. (Muin)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar