Senin, 11 November 2013

KKN Unnes Bantu Galang Dana Santunan Yatama di desa Kedungmutih

Tim KKN dan Pengurus masjid galang dana Santunan Yatama

Demak – Ada Kesibukan tersendiri bagi Tim KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) Unnes ( Universitas Negeri Semarang ) di desa Kedungmutih Senin sore (11/11). Dengan dimotori oleh Dwi W tim yang berjumlah 8 0rang itu memasuki gang dan jalan sempit di desa untuk ikut menggalang dana santunan Yatama.

Dengan di bantu oleh siswa-siswi MA (Madrasah Aliyah) Ribhul Ulum mereka bergerak dari Masjid menuju ke RT RT yang ada di desa Kedungmutih. Mereka menjemput amplop-amplop yang telah dibagikan panitia santunan Yatama 2 hari sebelumnya.

“ Mumpung ada kegiatan KKN disini mereka saya ajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana santunan Yatama. Biar mereka ada kegiatan tambahan “, ujar H. Yusuf Ketua Pengurus masjid Jami’ Baitul Makmur.

H. Yusuf mengatakan santunan Yatama yang diselenggarakan oleh pengurus masjid diadakan 2 kali setahun. Yang pertama diadakan pada bulan Asyuro tepatnya tanggal 10. Sedangkan yang kedua diadakan pada bulan Ramadhan tanggalnya menyesuaikan. Santunan itu diharapkan dapat mengurangi beban Yatama dan juga sebagai perwujudan kita mencintai Yatama sesuai tuntunan Nabi.

“ Alhamdulillah santunan Yatama ini berjalan lancar mulai tahun 2008 sampai sekarang. Mudah-mudahan bisa berlanjut terus dan mendapatkan dana yang banyak “, tambah H. Yusuf.

Penggalangan dana Yatama oleh siswa siswi MA Ribhul Ulum dibantu oleh Tim KKN Unnes berjalan lancar . Mereka dibagi oleh pengurus masjid dalam beberapa rombongan dan di sebar di semua RT di wilayah desa Kedungmutih. Dengan ramah mereka menjemput ampop-amplop dari rumah kerumah sambil memohon dengan halus.

“ Alhamdulillah dengan bantuan Tim KKN Unnes acara penggalangan dana berjalan lancar dalam waktu kurang dari 2 jam telah terkumpul dana sebesar Rp 8,5 juta lebih dikit. Mudah-mudahan masih ada tambahan lagi sampai hari Kamis tanggal 10 Asyuro nanti “, kata H. Muin yang mengurusi santunan Yatama.

Sementara itu Ifa salah satu anggota Tim KKN Unnes mengatakan, penggalangan dana dari pintu ke pintu yang dilakukan sore itu merupakan pengalaman baru baginya. Oleh karena itu dia berterima kasih atas permohonan penggalangan dana Yatama oleh pengurus Masjid.

Dalam kegiatan itu ia memperoleh banyak manfaat. Selain dapat berinteraksi dengan masyarakat desa iapun mendapat pengalaman baru dalam hal penggalangan dana. Harapannya hal tersebut bisa diparaktekkan di tempat lain.

“ Ya kita teman-teman terima kasih juga karena diajak keliling kampung . Selain dapat berinteraksi dengan warga masyarakat desa sini ini merupakan pengalaman berharga bagi kami “, kata Dwi W ketua Tim KKN Unnes di desa Kedungmutih. (Muin)



1 komentar: