Rabu, 20 November 2013

LPNU Demak Adakan Pelatihan Garam Konsumsi Beriodium di Kedungmutih

Ketua LPNU Demak

Demak – Bertempat di Balai Desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak. LPNU ( Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama ) Demak adakan Pelatihan pembuatan garam beriodium. Pelatihan diikuti 40 petani garam di desa Kedungmutih dan sekitarnya.

“ Tujuan dari pelatihan ini adalah menumbuhkan kewirausahaan bagi petani garam. Sehingga ke depan petani garam dari kalangan Nahdliyin bisa menjadi pengusaha yang sukses”, ujar Alex Sholikhan Ketua LPNU Demak di sela- sela pelatihan.

Alex S mengatakan, pada kenyataannya petani garam kondisi ekonominya memprihatinkan. Selain penghasilannya yang kurang juga jiwa kewirausahaannya sangat minim. Sehingga hasil dari pengolahan garam tidak cukup untuk menghidupi keluarganya.

“ Oleh karena itu maka banyak petani garam yang tidak mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi akibat minimnya penghasilan mereka “, tambah Alex.

Melihat kenyataan itulah maka LPNU Demak  mengajak kepada petani garam di Demak untuk meningkatkan SDM dalam rangka peningkatan ekonomi. Diantaranya adalah melatih petani garam membuat garam beroidium untuk kebutuhan konsumsi dengan mutu yang bagus.

Dengan mutu yang bagus itulah nantinya harga garam akan naik dengan sendirinya. Selain itu petani diharapkan mempunyai jaringan pemasaran tersendiri dan tidak lagi mengandalkan para pengepul. Selain itu juga meningkatkan produksi garam dengan pemakaian teknologi baru.




“ Dengan pelatihan ini kami mengharapkan ke depan akan tercipta pengusaha besar  dari kalangan NU di daerah ini. Sehingga jika ada kegiatan Istighosah ada yang jadi bos tidak cari dana muter-muter kesana kemari “, harap Alex.

Sementara itu Wakil PCNU H. Aminudin dalam sambutaan pembukaan mengatakan , Kecamatan Wedung desa Kedungmutih merupakan sentra pembuatan garam. Oleh karena itu kegiatan Pelatihan diharapkan bisa memacu peningkatan ekonomi di wilayah ini. Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dalam rangka peningkatan ekonomi warga NU di kecamatan Wedung sebagai penghasil garam.

Disi lain Hamdan Kepala Desa Kedungmutih menyambut positif kegiatan yang diadakan LPNU . Mayoritas penghidupan warga desa Kedungmutih mengandalkan garam . Di desa Kedungmutih ada puluhan kelompok petani garam . Dengan pelatihan pembuatan garam beriodium ini diharapkan ada teknologi baru yang didapatkan.


“ Harapan kami selain pelatihan ini juga ada kelanjutannya misalnya dari sisi pemasaran juga disentuh. Sehingga petani tidak hanya membuat garam beriodium yang berkualitas . Namun juga ada sesi yang membahas pemasarnnya “, kata Hamdan ( Muin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar