Jumat, 19 Mei 2017

Wow !!!! Merbot ini Meski sudah Uzur Usianya Suaranya Masih Merdu





Demak – Pekerjaan sebagai merbot atau penjaga masjid selain rajin dalam bekerja perlu juga dibekali suara yang bagus. Karena selain membersihkan masjid dan lingkungannya merbot juga mempunyai tugas , adzan , iqomat dan juga puji-pujian . Dengan suara Adzan serta pujian-pujian yang bagus akan lebih menambah semaraknya suasana masjid.

Seperti halnya yang ditekuni Sukadi warga desa Kedungmutih RT 01 RW 03 kecamatan Wedung ini . Selain kerja serabutan ia kini juga menjadi merbot masjid Jami’ Baitul Makmur. Jika pas shalat lima waktu ia harus standby di tempat , memberi tahu masuknya waktu shalat lewat adzan. Sedangkan iqomat sebagai tanda imam memulai shalat lima waktu.

“ Ya gimana lagi saya jadi merbot ini sudah kali kedua , yang dulu pernah menjadi merbot lalu digantikan orang lain . Ketika merbot lowong tidak ada yang mengisi sayapun kembali di beri tugas pengurus sebagai merbot”

Sukadi mengatakan pekerjaan sebagai merbot tidak ringan sehingga tidak banyak orang yang mau diangkat sebagai merbot. Selain honornya yang kecil tanggungjawabnya juga besar . Namun demikian ia tidak melihat honor ata bayaran.Niatnya menjadi merbot adalah ingin meramaikan masjid dengan kegiatan kegaamaan.

“ Ya selain azan , iqomat dan juga puji-pujian di masjid , setiap seminggu sekali malam Senin ,saya juga ikut baca berjanji untuk memuliakan nabi Muhammad SAW.Dan kalau ada acara peringatan di masjid misalnya pengajian merbot harus standy ikut membantu pengurus “, tambah Sukadi yang kini sudah mempunyai cucu.

Selain menjadi merbot Sukadi bekerja serabutan untuk menambah penghasilan selain sebagai merbot. Misalnya mencari ikan di sungai , buruh tambak dan juga tenaga penguruk makam. Jika ada makam yang tanahnya rendah iapun diminta warga untuk “Mbaturi “ makam. Dengan batu karang kecil-kecil dari sungai iapun  angkut ke makam yang membutuhkan.

Sebagai merbot banyak suka dari dukanya. Selain bisa shalat lima waktu dengan berjamaah. Juga bisa meramaikan masjid dengan baca sholawat dan puji-pujian jawa yang menenangkan hati. Kadang kala ia juga menerima panggilan sebagai vocalis grup rebana di kampungnya . (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar