Selasa, 02 Mei 2017

Info kesehatan : Jenis Nutrisi Ternyata Juga Penting Dalam Menjaga Tekanan Darah



 
( Ilustrasi: Google.com)
• Asam folat
 Asam folat ditemukan banyak di roti, sereal, dan tepung. Terdapat bukti yang kuat bahwa asam folat menurunkan tekanan darah dan mencegah timbulnya tekanan darah tinggi bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat yakni 800 mg/hari.

• Kalium (Potasium)
Konsumsi potasium yang kurang dalam masa diet dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit stroke. Berbeda halnya dengan natrium, kalium (potassium) merupakan ion utama di dalam
cairan intraseluler. Konsumsi kalium yang banyak akan meningkatkan konsentrasinya di dalam cairan intraseluler, sehingga cenderung menarik cairan dari bagian ekstraseluler dan menurunkan tekanan darah. Rasio konsumsi natrium dan kalium yang dianjurkan adalah 1:1. Sumber kalium yang baik adalah buah-buahan, seperti korma, pisang, apel, jeruk, dan lain-lain.

• Magnesium
Meskipun penelitian tentang efek magnesium terhadap tekanan darah belum lengkap, namun bukti sementara menunjukkan bahwa diet yang kaya magnesium dapat mencegah tekanan darah tinggi. Sumber magnesium yang baik terdapat pada: kacang-kacangan, biji-bijian, ayam, dan daging tanpa lemak.

• Vitamin D
 Vitamin D bukan hanya baik untuk tulang tetapi juga kesehatan jantung. Vitamin D diperlukan untuk membantu mengontrol tingkat kalsium dan memberikan kontribusi dalam pengaturan tekanan darah. Makanan yang kaya vitamin D diantaranya: jamur, ikan tuna, telur, minyak ikan cod, sosis, kedelai, dan tiram.
 
Ternyata, untuk menghindari hipertensi tidaklah harus berpantang sebagian besar makanan. Bahkan, beberapa makanan yang cukup lezat masih bisa disantap dalam porsi normal tanpa takut mengalami kenaikan tekanandarah. Memang, diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk mengontrol diri sendiri dalam memilih makanan yang bermanfaat dan tidak memudharatkan. Yang jelas, diperlukan pula pengetahuan akan bahaya tekanan darah tinggi dan kesadaran untuk menghindarinya. Tentunya kita sepakat, bahwa kesehatan adalah nikmat dan investasi yang sangat berharga, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar