Senin, 28 April 2014

SM Goes To...



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Laman pribadiwww.soearamoeria.blogspot.comresmi saya publish di dunia maya sejak 08 Juli 2013. Waktu itu saya terinspirasi dengan mahaguru menulis saya H Fatkhul Muin asal Demak seorang citizen journalism yang pernah mengajak untuk menulis apa saja di sekitar kita meski itu hal sepele.


Ungkapan yang Pak Muin sampaikan cukup banyak memberikan bukti. Semisal ia menulis banyak liputan yang belum tentu ditulis oleh jurnalis lain. Karena bisa jadi obyek liputan berada di pelosok. Di blog Pak Muin yang bisa diakses di www.for-mass.blogspot.com dirinya juga melakukan jual beli online lewat situs yang seharinya dikunjungi sekitar 500an pengunjung.

Barang-barang yang ia jajakan di blognya pun laku. Dari dalam negeri maupun luar negeri. Inspirasi itulah yang masih terngiang-ngiang di benak saya hingga kini. Karena itu setahun lalu, laman ini bisa saya katakan sebagai bank berita khususnya warta yang saya buat untuk NU Online, situs resmi milik PBNU.

Setahun berjalan bank berita ini dibaca banyak teman. Kadang-kadang pula ada yang merasa kangen jika halaman ini tidak diunggah berita terbaru. Beberapa pemilik portal yang se-visi semisal www.kompi.org,www.seputaronlineterkini.com dan lain-lain meminta tulisan saya untuk dipublish ulang di media mereka.

Goes To
Menu SM Goes To saya artikan Soeara Moeria Goes To atau Syaiful Mustaqim Goes To. Bisa Goes To School, Campus, Pesantren dan yang lain. Goes To merupakan kegiatan belajar bareng dengan pelajar, santri, mahasiswa dan masyarakat umum tentang jurnalistik.

Sejak 2006 sampai sekarang saya memang konsen mendampingi jurnalis utamanya pelajar. Sebut saja Lembaga Pers Siswa (LPS) Smart, MA Walisongo Pecangaan--meski kini vakum. Kini masih ada tiga lembaga yang masih dampingi MTs Darul Ulum Purwogondo, SMK Walisongo Pecangaan dan SMK Az Zahra Mlonggo.

Dari perjalanan panjang itu saya bisa menyimpulkan bahwa peserta didik di Jepara memiliki bakat yang terpendam dan harus digali potensi. Dari tahun 2006 siswa-siswa yang dampingi bisa menorehkan berbagai prestasi menulis.

Bidang lomba menulis di tingkat Kabupaten Jepara, Karisidenan dan Provinsi Jawa Tengah pernah memenangi juara menulis Cerpen, Sinopsis, Reportase dan Karya Tulis Ilmiah. Di media cetak juga demikian karya mereka berupa Cerpen Anak, Reportase dan Puisi dimuat di (SwaraMuda dan Yunior) Suara Merdeka, Gelanggang Remaja (Kompas Jateng), Majalah Maarif Jawa Tengah dan masih banyak lagi.

Dari torehan-torehan prestasi itu banyak yang mengundang saya untuk mengisi pelatihan menulis. Semisal, sepanjang tahun 2013 kemarin saya mengisi pelatihan di banyak lembaga. (Keterangannya sebagaimana tertulis dibawah ini). 

Tahun 2013 
1. SMAN 1 Pecangaan Jepara | Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik #1 
2. Keluarga Alumni Jepara Semarang (KAJS) | Pelatihan Jurnalistik Asyik 
3. Pemerintah Desa Karang Randu Jepara | Pelatihan Jurnalistik 
4. BKM Lego Lilo Petekeyan Jepara | Pelatihan Jurnalisme Warga 
5. Pesantren Balekambang Jepara | LSdP #10 Komunitas Matapena Jogja
6. MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara | Pelatihan Dasar Jurnalistik 
7. SMK Az Zahra Mlonggo Jepara | Belajar Jurnalistik #3 
8. PAC IPNU-IPPNU Welahan Jepara | Pengenalan Jurnalistik 
9. MA Wahid Hasyim Bangsri Jepara | Workshop Jurnalistik 
10. MA Tasywiqul Banat Robayan Jepara | Training Jurnalistik 
11. SMAN 1 Pecangaan Jepara | Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik #2 
12. MA Ittihadul Muslimin Kerso Jepara | Pelatihan Jurnalistik 

Tahun 2014
13. PK IPNU-IPPNU MA Al-Faizin Guyangan Jepara | Pelatihan Jurnalistik 
14. SMK Walisongo Pecangaan Jepara | LDK: Media dan Penulisan Berita 

Materi yang saya sampaikan tergantung kepada pihak panitia. Saya pun kerap menggandeng teman-teman yang mahir dibidangnya jika pelatihan lebih dari satu materi dan tidak bisa saya isi sendiri.

Untuk info lebih lanjut tentang SM Goes To, anda bisa menghubungi saya, Syaiful Mustaqim di: 085 640 033 625 (M3) atau 085 290 526 569 (As).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar