Minggu, 06 April 2014

Demak Gelar Parade Kirab Budaya dan Seni HUT Demak ke 511



Dalam rangka mengayubagyo Hari Jadi Demak ke-511 Tahun 2014, Ahad (6/4) siang, digelar Parade Kirab Budaya dan Seni. Lebih dari 50 macam kesenian tradisional dan kreatif asal daerah ‘agamis’ mengunjukkan kebolehannya di depan Pasar Bintoro, tempat didirikannya panggung kehormatan. 

Bupati Drs HM Dachirin Said SH, M.Si, dan Wakil-nya Drs H Harwanto, Ketua DPRD HM Muhlasin SE, M.Si, MH, para anggota Muspida dan para kepala dinas/instansi masing-masing bersama istri menyaksikan bersama-sama dengan ribuan masyarakat kota setempat.

Prajurit Patang Puluhan, Kuda Lumping, Barongan lengkap dengan Penthol-Tembemnya, tampil apik memikat secara bergantian dengan grup rebana, jipin pesisiran, marching band, dan drumband kaleng bekas, serta personil-personil wayang orang dengan dandanan modern dan gemerlap.

Di antara regu-regu kesenian, juga ditampilkan berbagai produk batik asli Demak, meliputi Batik Wedungan dan Batik Demakan dengan ciri khasnya masing-masing, Penampilan parade batik khas Demak tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Selain dikenakan oleh peragawan-peragawati cakep, tampan dan cantik, juga penampilan mereka dibalut dengan asesoris gemerlap yang mengundang selera.

Yang tidak kalah menariknya dengan grup kesenian tradisional, adalah penampilan kocak berbagai badut dengan busana anekdot dan satire sosial yang berkembang sekarang. Ada yang dengan berorasi lucu menggelikan, dan ada yang hanya tampil berupa gerakan dan busana yang memunculkan kelucuan-kelucuan. (mac)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar